Kalapas Manokwari, Jefius J. Siathen

Over Kapasitas, Lapas Manokwari Perlu Tambahan Ruangan

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Manokwari saat ini mengalami over kapasitas. Semestinya Lapas yang berada di Kampung Ambon hanya menampung 119 penghuni, namun kini sudah mencapai sekitar 264 penghuni.

Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari Jefius J. Siathen mengatakan dengan keterbatasan ruang tersebut pihaknya telah menambah beberapa ruangan namun kini sudah penuh.

“Arus masuk penghuni Lapas kian waktu terus bertambah, kemarin (Selasa lalu) ada penambahan 3 penghuni baru lagi. Kami butuh tambahan ruangan baru,” kata Jefius J. Siathen di ruang depan gedung Lapas Manokwari Selasa lalu.

Sebagian warga binaan yang menempati Lapas Manokwari saat ini seperti dikatakan Jefius, adalah tahanan kasus korupsi, kriminal umum seperti pencabulan dan terpidana menyusul tahanan kasus narkoba.

Jefius mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Papua Barat untuk membantu pembebasan lahan di Jalan Pasir Putih Manokwari. “Kami berharap agar (pembebasan lahan) segera terealiasi,” ujarnya.

Ia berharap pembebasan lahan tersebut nantinya bisa ditindaklanjuti kementerian terkait dengan membangun Lapas yang lebih besar dengan kemampuan tamping penghuni yang juga besar. (MAR)

 

Tinggalkan Balasan