Pembukaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Gapensi Papua Barat di Manokwari Rabu kemarin.

Gapensi Daerah Diminta Hadiri Pameran Kontruksi Nasional

MANOKWARI, Cahayapapua.com—— Sebanyak 20 negera akan hadir dalam kegiatan pameran konstruksi yang dilaksanakan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi). Hal ini yang disampaikan Ketua Badan Pimpinan Pusat Gapensi Iskandar Z Hartawi, Rabu (27/4).

Dia menyebutkan, kegiatan pameran tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan Musyawarah Kerja Nasional Gapensi di Jakarta, pada tanggal 25 Mei mendatang.

Dia berharap setiap perwakilan Gapensi di daerah ambil bagian dalam pameran tersebut. Perwakilan dari 20 negara itu sudah memberikan konfirmasi untuk hadir dalam pameran itu.

Dalam pameran tersebut, nantinya akan dipamerkan, segala macam bentuk konstruksi seperti jalan, jembatan, dan gedung-gedung pencakar langit, dimana tiap desainnya akan ditunjukan oleh setiap negara melalui perwakilanya.

Dikatakan, kehadiran kontraktor dari Gapensi di daerah sangat penting untuk memacu kesiapan menghadapi pemberlakuan pasar bebas di negara-negara kawasan Asia Tenggara.

“Kita harus sadar bahwa pasar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sudah berlaku sejak Desember 2015. Akan banyak pengusaha dan kontraktor dari negara-negara ASEAN yang masuk ke Indonesia,” kata dia.

Mengingat dengan adanya MEA ini nmaka akan membuka peluang besar bagi kontraktor luar negeri untuk berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan di daerah, sehingga diharapkan seluruh anggota Gapensi di daerah menyiapkan diri, agar nantinya tidak menjadi penonton di rumahnya sendiri.

“Apalagi sekarang pemerintah pusat begitu gencar melakukan pembangunan infrastruktur di wilayah Timur. Sumber daya manusia di kalangan pengusaha Gapensi di Provinsi Papua dan Papua Barat harus lebih siap,”tegasnya.

Hal terpenting dalam menyambut MEA adalah kualitas sumber daya manusia, untuk itu, guna menciptakan SDM yang handal, maka Gapensi juga akan menggelar pelatihan tenaga terambil bagi anggota Gapensi se Indonesia.

Sehingga, setiap anggota Gapensi di Papua Barat dapat mampu bersaing dengan para pengusaha atau kontraktor dari asosiasi nasional, dan juga seluruh kontraktor Gapensi mampu bersaing dengan kontraktor luar negeri. (ACS)

Tinggalkan Balasan