Bupati Kaimana, Danjen Kopassus bersama Muspida Kaimana dan anggota Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil 8 Kaimana.

Bupati: Dilaporkan Ada Potensi Batu Bara di Kensi

KAIMANA, Cahayapapua.com—— Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma disela mendampingi Danjen Kopassus mengatakan dari hasil penelitian awal yang dilakukan Tim Ekspedisi NKRI di Kaimana dilaporkan ada potensi batu bara di Kensi Distrik Teluk Arguni selain yang terdapat di Jawera. Informasi ini masih bersifat makro sehingga perlu dilakukan studi empiris untuk memastikan besaran kandungan, kualitas maupun lokasi serta luasan areal.

Kepada wartawan di Halaman Poskotis Ekspedisi NKRI Selasa (26/4/2016) malam Bupati jelaskan, hasil penelitian yang dilakukan Tim Ekspedisi NKRI menjadi data awal atau petunjuk bagi Pemerintah Daerah untuk kedepan bisa mengambil langkah bijak bagaimana mengeksplor potensi yang ada bagi kesejahteraan hidup masyarakat.

Dijelaskan, kedatangan Tim Ekspedisi NKRI ini sebetulnya untuk memperkenalkan Kaimana dan beberapa subkorwil kepada masyarakat luas. Melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Tim Eskpedisi masuk untuk mengeksplor berbagai aspek baik sosial budaya, potensi Sumber Daya Alam dan lainnya untuk kemudian diekspos secara luas kepada publik. Dari sini lah secara bertahap orang akan mengenal daerah ini dan potensi yang ada didalamnya.

“Ini awal untuk memperkenalkan Kaimana dan subkorwil lainnya di Papua Barat. Lewat Kementerian Koordinator PMK, tim ekspedisi mengeksplor berbagai aspek baik sosial budaya, potensi SDA atau lainnya. Tim ini hanya mengambil informasi makro karena waktunya terbatas. Di Kaimana, salah satu yang mereka paparkan adalah potensi batu bara di Kensi. Ini informasi makro sehingga masih perlu studi empiris. Dimana posisinya, kualitasnya seperti apa dan berapa besar kandungannya. Selama ini kami hanya tahu di Jawera tetapi itu pun perlu studi empiris, termasuk sumber daya alam lainnya.,” terang Bupati.

Disinggung tentang dampak yang dirasakan langsung oleh masyarakat atas kehadiran Tim Ekspedisi NKRI, Bupati mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan Tim Ekspedisi hadir dan berbaur dengan masyarakat sekaligus membantu membangkitkan jiwa patriotisme masyarakat sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Memang dari 84 desa yang ada di Kaimana ini mereka baru mengunjungi beberapa desa di tujuh distrik. Kami berharap dengan kehadiran mereka ditengah masyarakat jiwa patriotisme NKRI bisa ditanamkan. Ini baik dalam rangka mengingatkan kembali perjalanan sejarah bangsa Indonesia,” pungkas Bupati. (ISA)

Tinggalkan Balasan