Kafilah Kabupaten Fakfak tiba di Teluk Bintuni kemarin untuk mengikuti MTQ Papua Barat ke IV yang akan digelar Mei tahun ini.

MTQ VI Papua Barat, Kafilah Fakfak Tiba di Bintuni

BINTUNI, Cahayapapua.com—–  Rombongan kafilah dari Kabupaten Fakfak, Selasa (10/5/2016) kemarin, tiba di Kabupaten Teluk Bintuni. Rombongan yang menumpangi KM Fajar Indah II, tiba di pelabuhan Bintuni sekitar pukul 17.00 Wit yang disambut oleh Asisten III Bidang Ekonomi Setda Kabupaten Teluk Bintuni, Sri Utami Widiyaningsih, bersama sejumlah Kepala SKPD.

Kafilah dari Kabupaten Fakfak merupakan kontingen pertama yang tiba di Bintuni untuk mengikuti Musabaqah tilawatil Qur’an (MTQ) ke VI tingkat Provinsi Papua Barat.

Ketua rombongan kafilah Fakfak, H. Ibranus Manas, kepada wartawan, mengatakan, kloter pertama ini baru 60 kafilah yang datang. Sisanya akan menyusul. “ Total nanti ada 120 orang yang ke sini, baik peserta, pengembira dan official. Dan yang pertama datang menumpang KM Fajar Indah II ada 60 orang,” jelasnya.

Manas mengaku, semua kafilah dari Fak – fak yang akan tampil di MTQ tingkat Provinsi di Bintuni adalah produk lokal. “Kita bentuk generasi MTQ dari lokal dengan harapan kedepan mereka bisa tampil lebih baik di tahun-tahun berikut. Itupun instruksi langsung dari Pak Bupati,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas III Bintuni, Jacobus Parinussa mengatakan, setelah bongkar muat, KM Fajar Indah II segera berlayar menuju Kabupaten Kaimana.

“KM Fajar Indah II ini sudah dicarter Pemda Kaimana untuk rombongan kafilah dari kabupaten tersebut. Jadi Kamis mendatang akan kembali lagi. Berikut ada KM Getsmani dari Sorong dan KM Fajar Baru yang akan sandar di dermaga Bintuni mengangkut rombongan kafilah,” paparnya.

“Mengingat pelabuhan Bintuni merupakan pelabuhan sungai sehingga pengaturan kapal masuk akan disesuaikan dengan rombongan kafilah yang akan datang. Kira-kira selang satu jam kapal akan bergantian untuk melakukan aktivitas bongkar muat,” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan