Abraham Goram Gaman

Pemerintah Diminta Tingkatkan Pengawasan Bahan Makanan

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Pemerintah Provinsi Papua Barat didorong untuk meningkatkan pengawasan terhadap distribusi dan peredaran bahan makanan di Papua Barat menjelang bulan puasa Ramadan dan Idul Fitri.

“Bahan makanan yang mendekati masa kedaluarsa atau telah kedaluarsa serta penggunaan bahan kimia berbahaya pada makanan harus diawasi dengan ketat,” kata Sekretaris Komisi E DPR Papua Barat, Abraham Goram Gaman di Manokwari, Selasa (31/5).

Kata Bram sapaan akrabnya, Komisi E DPRPB akan berkoordinasi dengan Dinas Perindagkop dan UMKM untuk memastikan langkah-langkah antisipatif dalam pengawasan distribusi bahan pokok.

“Pengawasan ini ditingkatkan mulai proses distribusi karena bahan pokok ini disuplai dari Pulau Jawa. Kita tahu bahwa di daerah tersebut penggunaan bahan kimia berbahaya pada makanan marak terjadi,” ujar dia.

Menurut Bram, agenda pengawasan distribusi bahan pokok telah dibahas di internal komisi. Saat ini, sedang dikoordinasikan soal apakah perlunya dibentuk tim terpadu untuk melakukan pengawasan.

Bram menambahkan, jika tim terpadu disetujui untuk dibentuk maka nantinya akan bekerjasama dengan dinas teknis terkait di tingkat kabupaten/kota. “Kalau sudah ada kesepakatan seperti apa timnya, kita akan langsung aplikasikan di lapangan untuk melakukan pengawasan,” pungkasnya. (ALF)

One comment

Tinggalkan Balasan