Ilustrasi. Foto: www.wdp-drugs.org.uk

14 Pelajar di Teluk Bintuni Terinfeksi HIV/AIDS

BINTUNI,CAHAYAPAPUA.com Sebanyak 14 pelajar di Kabupaten teluk Bintuni terinfeksi HIV/AIDS. Fakta ini membuat dinas kesehatan setempat meningkatkan sosialisasi sebagai upaya penanggulangan dengan menyasar pelajar pada sejumlah sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni, Andreas Ceokan mengatakan, kasus HIV/AIDS pertama kali ditemukan di Bintuni pada tahun 2009. Beberapa tahun terakhir, penyebarannya terbilang cukup cepat. Hingga tahun 2014 jumlah kasus HIV/AIDS tercatat sebanyak 167 kasus, termasuk 14 kasus pada warga yang berstatus sebagai pelajar.

Andreas  belum bisa memastikan bahwa apakah ini adalah dampak dari pergaulan dan seks bebas di kalangan pelajar. Tapi ia tak menampik bahwa bisa saja perilaku itu salah satu penyebabnya.” Satu atau dua mungkin saja bisa terjadi, tapi secara umum nampaknya belum,” katanya.

Menekan penyebaran HIV/AIDS di kalangan pelajar, pihaknya bersama KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Daerah) gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Sementara kepada kelompok beresiko tinggi dilakukan penekanan agar melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.|ARI MURTI

EDITOR: IMRAN

Tinggalkan Balasan