Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-8 Kaimana pada suatu kegiatan.

15 Mei, 1200 Personil Ekspedisi Tiba Kaimana

KAIMANA, Cahayapapua.com—– Sebanyak 1200 personil Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat Tahun 2016 yang tersebar pada 7 Subkorwil selain Subkorwil-8/Kaimana pada 15 Mei 2016 tiba di Kaimana dalam rangka penutupan kegiatan Ekspedisi NKRI yang dirangkai dengan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108. Ribuan personil ekspedisi akan dengan kapal TNI AL dan akan berada di Kaimana hingga 21 Mei 2016.

Penutupan kegiatan ini sendiri akan dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama sejumlah Menteri yang tergabung dalam Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dansubkorwil-8/Kaimana Mayor Caj Thomas Barus menyampaikan hal ini berkaitan dengan persiapan penutupan kegiatan Ekspedisi NKRI Tahun 2016 yang menetapkan Kaimana sebagai tuan rumah. Dikatakan, Tim dijadwalkan tiba Kaimana pada 15 Mei 2016 dan akan menginap diatas kapal. “Semua akan berkumpul di Kaimana. Nanti mereka tiba dengan kapal TNI AL. Selama di Kaimana mereka akan menginap diatas kapal,” jelas Mayor Thomas.

Seperti diketahui, Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat Tahun 2016 beranggotakan gabungan TNI, Polri dan Akademisi ini tiba di Kaimana yang merupakan Subkorwil-8 kegiatan ekspedisi dan beberapa Subkorwil yakni Tambrauw, Sorong, Sorong Selatan, Manokwari Selatan, Bintuni, Wondama dan Fakfak pada 9 Februari 2016. Kurang lebih empat bulan lamanya mereka melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan penjelajahan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tim Kaimana yang berjumlah 69 personil ini kemudian bergabung dengan 74 personil wilayah/daerah yang juga merupakan gabungan dari anggota TNI, Polri dan Sipil.

Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 ini sendiri merupakan ekspedisi kali ke-6 yang diadakan TNI AD dengan Kopassus sebagai operator utama dibawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Total personil Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat adalah 1200 orang yang tersebar pada 8 subkorwil. Semenjak tiba Kaimana hingga saat ini, telah banyak kegiatan yang dilakukan tim baik berkaitan dengan pengabdian masyarakat, penjelajahan maupun penelitian. Tim yang dipimpin Mayor Caj Thomas Barus ini juga bahkan telah mengelilingi tujuh wilayah distrik di Kabupaten Kaimana. (ISA)

One comment

  1. bisa krim photo kegiatan ekspedisi 2016 kaimana ke email saya
    gedeprajamahardika@gmail.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: