18 Santri siap mengikuti Pendidikan di Darunnajah melalui Program AFKN

18 Santri AFKN Asal Bintuni Menuntut Ilmu ke Jakarta dan Malang

SORONG, cahayapapua.com- 18 calon santri asal Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Sorong, Rabu kemarin berangkat dengan menggunakan KM Ciremai. Para santri itu mengikuti jenjang pendidikan pesantren di Darunnajjah, Jakarta Selatan dan Kota Malang melalui program Alfatih Kaffah Nusantara (AFKN).
Pimpinan Rombongan, Komis mengatakan, para santri yang siap mengikuti pendidikan agama islam tersebut, berlatar belakang dari keularga tak mampu, yang berasal dari Kabupaten Bintuni dan Kabupaten Sorong. “Mereka ini semua dari keluarga yang tak mampu, tetapi keinginan mereka untuk belajar sangat kuat, sehingga kami berupaya untuk mewujudkan cita-cita mereka,” tutur Komis, kepada Media ini. Kemarin.
Komis menambahkan, dari 18 santri tidak semuanya mengikuti jenjang pendidikan yang sama, melainkan dari tingkatan SD sampai perkuliahan, “18 orang ada yang kuliah, ada yang SD dan ada juga yang SMP,” ujarnya.
Sementara itu, Muhammad Fadly mengatakan bahwa, dirinya sangat senang dengan program yang dilakukan oleh AFKN. Pasalnya Fadly dapat meneruuskan keinginan kuliahnya. “Alhamdulillah saya senang sekali dapat melakukan kuliah di Jakarta, semoga Allah SWT memudahkan prosesnya dan berjalan mulus tanpa ada masalah, sehingga kami dapat menyelesaikan studi kami,” ujar Fadly.
Fadly berharap program yang dilakukan AFKN tidak terputus pada tahun ini saja, melainkan dapat berjalan selamanya. Karena masih banyak generasi penerus yang ingin melanjutkan studi tetapi terhambat lantaran faktor ekonomi.
|NASIR|EDITOR : BUSTAM