Seleksi Kesemaptaan Jasmani bagi peserta Secapa dan Secaba Reg tahun 2015.

190 Anggota TNI Seleksi Jasmani bagi Secapa dan Secaba

SORONG, cahayapapua.com—190 peserta satuan TNI jajaran Korem 171/PVT, yang terdiri dari 20 orang Bintara dan 170 orang Tamtama, mengikuti seleksi Kesemaptaan Jasmani bagi peserta Secapa dan Secaba Reg tahun 2015.
Kegiatan yang berlangsung, Selasa (11/8/2015), dilaksanakan selama dua hari yang dibagi menjadi dua gelombang.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Kerja TNI-AD yang rutin diadakan setiap tahun anggaran, untuk perubahan status serta pengembangan karier bagi setiap Prajurit.
Kepala Jasmani Korem 171/PVT, Kapten Inf. Wilson P, S mengatakan, dalam tahap seleksi Kesemaptaan Jasmani ini dilaksanakan secara selektif, dengan harapan, para seleksi Secaba maupun Secapa Reg tersebut dapat dinyatakan lulus.
Disamping dapat merubah status serta mengembangkan karier, juga menjadi seorang pimpinan yang baik untuk menunjang tuntutan tugas yang akan dihadapi dimasa mendatang.
Adapun yang dilaksanakan dalam tes kali ini adalah lari dengan jarak tempuh 3.200 meter (samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (samapta B). Untuk menentukan jumlah nilai samapta B dilihat jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4.
“Nilai hasil keseluruhan (samapta A+B) dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik ditambah dengan nilai renang militer,” kata Wilson.
Namun yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan tes, terlebih dahulu dilakukan penegcekan kesehatan oleh anggota Kesehatan yang ada di lapangan, serta prosedur yang lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh TNI AD.
|NASIR|EDITOR : BUSTAM