BPJS Kesehatan

192 Perusahaan di Manokwari Belum Daftarkan Karyawannya di BPJS

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Sebagian besar perusahaan maupun badan usaha di Kabupaten Manokwari ternyata masih enggan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sampai dengan Desember 2014, tercatat baru sebanyak 80 perusahaan dari total 272 perusahaan yang telah resmi mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Artinya ada 192 perusahaan yang belum mendaftar.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Kesehatan Papua Barat dr.Nyoman Wiwik Yulia Dewi mengungkap data tersebut dalam forum komunikasi dan konsultasi pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan di Kabupaten Manokwari, Selasa (16/12/2014) di Swiss Belhotel Manokwari.

“Sesuai Pepres (nomor 108/2013), paling lambat 1 Januari 2015 semua perusahaan maupun badan usaha harus didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Karena itu kami mohon dinas ketenagakerjaan untuk bisa membantu hal ini, “ kata Wiwik.

Forum komunikasi dan konsultasi itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari Drs.FM. Lalenoh.

Adapun pejabat yang hadir antara lain Kepala Bappeda Johan Warijo, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi N.A. Nussy, Direktur RSUD Manokwari dr.Firman serta beberapa pejabat lainnya. Ikut hadir sejumlah dokter yang bertugas di RSUD Manokwari.

Lebih lanjut dipaparkan, sampai dengan November 2013 sebanyak 187.732 orang di Kabupaten Manokwari telah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jumlah itu terdiri atas peserta eks Askes Sosial, peserta eks Jamkesmas, peserta Jamkesda, peserta Badan Usaha, peserta TNI, peserta Polri dan peserta mandiri.

“Sehingga sebanyak 30.952 penduduk di Kabupaten Manokwari yang belum memiliki asuransi kesehatan. Ini sesuai jumlah penduduk Manokwari yang kami catat sebanyak 218.684 orang, “ ujar Wiwik yang sebelumnya bertugas di kantor BPJS Kesehatan cabang Mataram, NTB.

Sekda Lalenoh mengimbau SKPD terkait agar membantu hal-hal teknis yang dibutuhkan BPJS Kesehatan agar semua warga Kabupaten Manokwari termasuk perusahaan bisa terdaftar sebagai peserta BPJS. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan