Ilustrasi izin lingkungan. | Ist

2014, Bapedalda Hanya Keluarkan 1 Izin Lingkungan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Sepanjang tahun 2014 Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Provinsi Papua Barat hanya mengeluarkan satu izin lingkungan untuk sejumlah proyek pembangunan di wilayah Papua Barat.

Kepala Bapedalda Papua Barat, DR. Jacob Manusaway mengatakan, satu izin lingkungan tersebut adalah perusahaan sawit yang berada di Ransiki.

Sementara untuk izin lingkungan bagi sejumlah perusahaan atau rencana proyek pembangunan belum ada.

Menurut Jacob Manusawai, Bapedalda tidak memberikan izin kepada perusahaan lain karena memang sama sekali belum menyampaikan materi Amdal kepada Bapedalda.

“Kita tidak bisa keluarkan izin kalau materi saja kita tidak dikasih, semua itu kan tergantung mereka (perusahaan/konsultan) kalau mereka masukan baru kita bisa memebrikan penilaian,” kata Jacob kediaman gubernur, Senin (12/1/2015).

Proyek pembangunan rumah sakit provinsi dan pabrik semen yang diketahui sempat bermasalah dengan kelengkapan berkas, Jacob mengatakan, sampai saat ini dinas maupin perusahaan terkait belum menyampaikan materi.

Dikatakan, publik tidak bisa menyoroti kalau minimnya izin lingkungan ini lebih dikarenakan Bapedalda yang mempersulit, melainkan semua ini tergantung dari pihak konsultan yang mengusulkan sehingga ketika materi tidak disampaikan ke Bapedalda tidak akan ada proses sidang atau pemberian nilai. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan