Ilustrasi. Foto: Ist

2015, Manokwari Beli Sampah Warga

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari mendorong sebuah program bertajuk “Bank Sampah”. Program ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah di kota Manokwari.

Caranya? “Pemerintah akan membeli sampah dari masyarakat dengan kategori sampah organik dan anorganik.Tapi lebih diprioritaskanadalah sampah anorganik yakni sampah yang tidak bisa didaur ulang oleh alam,”kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Manokwari, Alberth Bandi, kepada CAHAYAPAPUA.com, Rabu (29/10/2014)

Program ini, menurut Bandi akan direalisasikan tahun depan, 2015. Pemerintah tak hanya membeli dan menampung sampah warga, tapi sekaligus mendaur ulang.

“Sampah yang tidak bisa didaur ulang, langsungdibuang ketempat pembuangan. Bukan dibiarkan begitu saja,” katanya lagi.

Meski begitu, program ini baru bisa berjalan jika didukung penuh oleh Pemkab,  terutama soal anggaran. Ini menjadi penting agar BLH memiliki uang untuk membeli sampah warga.

BLH juga hendak membuka kampung organik. Program ini dilakukan dengan membina komunitas/warga untuk memasyarakatkan pemanfaatan teknologi dan hasil daur ulang sampah. |ADITH SETYAWAN

Editor: Patrix Barumbun Tandirerung

 

Tinggalkan Balasan