Plt Kadis Pendidikan Papua Barat Sudjanti Kamat. Foto: Dok pribadi/Facebook.com

2015 Papua Barat Punya Sekolah Khusus untuk Atlet Berbakat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Minimnya pembinaan atlet di Papua Barat tampaknya saat ini membuat Pemerintah Provinsi Papua Barat harus bekerja ekstra keras dalam hal pembinaan atlet.

Salah langkah yang akan diambil oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam membina atlet akan dimulai pada tahun 2015 mendatang setelah Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat akan membuka sekolah keberbakatan di kota Manokwari.

“Tahun depan akan ada sekolah keberbakatan khususnya untuk tingkat SMA, nanti akan ada empat jurusan, tetapi kami belum putuskan saat ini, yang pasti akan ada jurusan sepakbola,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Sudjanti Kamat baru baru ini.

Sudjanti menambahkan saat ini dinas pendidikan masih terus berkoordinasi bersama dinas pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat, karena sekolah ini muncul atas dasar kerjasama kementerian olahraga dan kementerian pendidikan.

Saat ini pembangunan gedung sekolah yang beralamat di Susweni Manokwari Timur ini baru berjalan 35 persen, dan diperkirakan akan rampung pada bulan April 2015 mendatang.

Menurut Sudjanti saat pihak terkait telah menyeleksi calon kepala sekolah sebelum sekolah tersebut dibuka nantinya.

“Murid – murid sudah bisa masuk nanti tahun depan, dan murid-murid tersebut diambil dari tiap kabupaten/kota yang berada di Papua Barat. Nantinya akan ada tim pencari bakat yang memantau ditiap kabupaten kota,” jelasnya.

Tenaga pengajar yang akan mendidik para murid di sekolah tersebut saat ini dikoordinasikan dengan dinas pemuda dan olahraga, dimana para tenaga pengajar haruslah para pelatih dibidang olahraganya masing-masing.

Sekolah tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas baik sarana prasarana hingga asrama pelajar. Sekolah tersebut akan menerima 60 atlet putra dan putri.

“Harapannya dengan adanya sekolah ini kita bisa mencari atlet berpotensi, karena jika kita mau mempunyai atlet yang baik kita harus menyiapkannya sejak awal dari usia dini PPLP hingga prestasi sehingga kedepan Papua Barat akan mempunyai atlet prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tuntasnya. |ADIT SETYAWAN

 

EDITOR: JUSRIWANTO

 

 

Tinggalkan Balasan