Alexander Homer

2017, Gaji Guru Fungsional Sorong Selatan Ditanggung Pemprov

SORSEL, Cahayapapua.com Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kabupaten Sorong Selatan menyatakan terhitung sejak Januari 2017 nanti, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menduduki jabatan fungsional guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK serta tenaga administrator di daerah itu sudah tidak lagi menjadi PNS daerah tingkat kabupaten/kota.

“Mereka akan beralih status menjadi PNS daerah tingkat provinsi,” ungkap kepala BKD dan Diklat Sorong Selatan Alexander Homer usai memberikan arahan kepada CPNS formasi tahun 2013 di halaman kantor BKD Sorong Selatan, Senin (14/3/2016) lalu.

Menurut Homer, pengalihan status tersebut merujuk pada peraturan terbaru Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI Nomor 1 Tahun  2016, tanggal 26 Januari 2016. “Dengan adanya pengalihan status tersebut, maka seluruh Pemda kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat sudah melakukan pendataan mulai bulan Maret ini,” katanya.

Untuk mempermudah proses pendataan, BKD Sorong Selatan telah menyediakan format khusus yang telah dikirim kepada dinas pendidikan setempat untuk mendata para guru SMA/SMK dan tenaga administrator di kabupaten itu.

Hasil pendataan kemudian akan diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai verifikator. “Kalau sudah dilakukan verifikasi, maka selanjutnya sekda provinsi melanjutkan pengusulan pengalihan statusnya ke BKN Regional XIV Manokwari dan BKN Pusat,” jelasnya. “Pengalihan terhitung mulai 1 Oktober 2016 mendatang.”

Homer menerangkan sejauh ini Pemda Sorsel masih berkewajiban membayar hak-hak para PNS tersebut seperti gaji dan tunjangan lainnya hingga Desember 2016, namun terhitung dari Januari 2017 nanti akan ditanggung oleh pemerintah provinsi. |JOSEP TITIR

Tinggalkan Balasan