Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.

2017, Pemda Tertibkan Hewan Liar

MANOKWARI, Cahayapapua.com–– Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan menyatakan akan mengecek kembali Peraturan Daerah (Perda) tentang penertiban hewan yang kerap kali berkeliaran di jalanan umum terutama di kawasan pasar.    

Pasalnya hewan tersebut kerap kali menganggu aktivitas manusia dan juga menimbulkan beberapa kecelakan yang tak sedikit menyebabkan korbannya terluka parah bahkan meninggal dunia.

“Sepertinya hal ini sudah di Perda-kan, yang mengatur itu (penertiban hewan liar), tetapi mungkin tindaklanjutnya yang akan kami lihat kembali,”kata bupati di ruang kerjanya.

Diakui Bupati, hewan-hewan seperti babi, ayam serta anjing yang sengaja dibebaskan cukup mengganggu aktivitas masyarakat sehingga perlu ditertibkan.

“Itu tetap akan kita tertibkan, dan mungkin akan berlaku di 2017 karena program kerja kami akan dilaksanakan ditahun itu,” tegasnya.

Dikatakan Bupati, dalam kesempatan bertemu dengan warga pasar beberapa kali, ia mengimbau agar hewan-hewan ternak milik warga yang sengaja dibiarkan bebas berkeliaran dapat dikandangkan sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

“Waktu saya turun ke pasar sudah beberapa kali saya sampaikan hal itu dan ini akan menjadi perhatian kita nanti,” tegasnya.

Hal tersebut dirasa perlu untuk dilakukan mengingat, kecelakaan lalu lintas sering terjadi akibat ternak yang berkeliaran bebas di jalan, sehingga diharapkan dengan Perda serta sanksi yang mengikat, para ternak yang berkeliaran bebas ini akan ditangkap. Para pemiliknya juga akan dipidana kurungan sebagai upaya memberi efek jera terhadap pemilik ternak. (ACS)

Tinggalkan Balasan