ilustrasi

2017, Sekolah SMA Diurus Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Tahun 2016 akan menjadi tahun terakhir Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari menjalankan tanggungjawabnya mengurusi Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sebab tahun 2017 mendatang semua urusan Sekolah Menengah Atas akan menjadi tanggungajwab Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.

Hal tersebut sudah diberlakukan, setelah terbitnya Undang-undang Nomor  23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah akan tanggung jawab pendidikan setingkat SD/SMP berada dalam lingkup pemerintah kabupaten/kota, sedangkan Pemerintah Provinsi bertanggung jawab atas pendidikan setingkat SMA/SMK dan Pemerintah Pusat bertanggung jawab atas pendidikan tinggi.

Untuk itu dalam waktu dekat ini, Dinas Pendidikan Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Manokwari telah siap menyerahkan semua aset Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba kepada wartawan Kamis lalu mengatakan, pergantian tanggungjawab tersebut telah dikoordinasikan terlebih dahulu baik antara Dinas Pendidikan Kabupaten kota bersama Dinas Pendidikan Pendidikan Provinsi Papua Barat.

“Untuk seluruh Papua Barat hanya Kabupaten Manokwari yang data pendidikan SMA-nya sudah terdaftar di Kementrian Pendidikan,”ucapnya.

Untuk itu, saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu pihak provinsi menentukan jadwal penyerahan aset pendidikan SMA yang dimaksud, dimana batasan waktu yang ditentukan adalah hingga tanggal 3 Okotober mendatang.

Dikatakan Barnabas, aset yang dimaksud merupakan aset bergerak maupun aset tidak bergerak yang dimilik Bidang SMA. Selain itu sistem penggajian di Bidang SMA Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga akan diberlakukan hingga bulan Desember tahun 2016.

“Kalau sudah Januari itu bukan kewenangan kami lagi, karena Per Januari semua penggajian sudah diserahkan ke Pemerintahan Provinsi Papua Barat,”tukasnya.(ACS)

Tinggalkan Balasan