Foto bersama Asisten III Bidang Administrasi Papua Barat, F. Kosamah, peserta dan panitia penyelenggara usai kegiatan Diklat Training Officer Cource.

22 Peserta Diklat TOC Dinyatakan Lulus

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Diklat Training Officer Cource (TOC) yang berlangsung di Kampus Badan Diklat Provinsi Papua Barat Jalan Trikora Bumi Andai – Manokwari sejak 9 November 2015, Rabu (18/11) malam, resmi berakhir. Berdasarkan evaluasi proses pembelajaran, dinyatakan semua peserta lulus 100 persen dan berhak diberikan sertifikat.

“Sesuai rekapitulasi hasil evaluasi peserta, baik melalui pengamatan terhadap sikap tingkah laku yang terdiri dari kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama maupun prakarsa, serta hasil studi lapangan dan seminar. Semua peserta TOC dinyatakan lulus,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Drs. Binsar Sirait yang disambut tepuk tangan semua peserta diklat TOC.

Disampaikan bahwa peserta yang mengikuti diklat TOC berjumlah 22 orang. Mereka berasal dari delapan kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat, ditambah enam orang peserta dari Badan Diklat Provinsi Papua Barat.

Diklat ini sebutnya, menghadirkan tenaga pengajar dan instruktur dari widyaiswara LAN RI Jakarta, pejabat struktural dari LAN RI Jakarta dan pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Sementara Asisten III Bidang Administrasi Pemerintah Provinsi Papua Barat Fransiskus Kosamah saat membacakan sambutan gubernur menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan TOC merupakan bagian dari upaya peningkatan profesionalisme penyelenggaraan diklat.

“Kesungguhan, keseriusan, kepedulian dan tanggungjawab saudara dalam mengikuti diklat ini menyebabkan kompetensi saudara – saudara di bidang penyelenggaraan diklat dapat meningkat. Adanya pengetahuan yang diperoleh lewat diklat ini tentu akan lebih meningkatkan motivasi saudara sekalian untuk berusaha dan belajar lebih giat di bidang penyelenggaraan diklat kedepan,” pesannya.

Sebelumnya, Nikodemus Way, S.Pd salah satu perwakilan peserta dari Badan Diklat Kabupaten Maybrat, menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti diklat TOC. Menurutnya selama 10 hari mengikuti diklat tersebut, mereka mendapati hal – hal baru serta inovasi dalam hal penyelenggaraan diklat.

“Banyak ilmu bermanfaat yang diberikan tenaga pengajar dan instruktur dari widyaiswara LAN RI maupun lainnya. Harapan kami hubungan yang terjalin baik selama diklat berlangsung tidak terputus sampai di sini, melainkan koordinasi serta komunikasi bisa berlanjut kedepannya,” kata Nikodemus.(BUY)