Ilustrasi

23 putra Papua Barat terima beasiswa IPDN

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan beasiswa kepada 23 putra-putri daerah untuk menempuh pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melepas keberangkatan 23 calon taruna IPDN tersebut di kantor gubernur, Kamis (31/8).

“Saya berharap kalian memanfaatkan program ini dengan baik. Kesempatan ini tidak datang dua kali, banyak peserta yang gugur seleksi. Kalian sudah lolos dan bisa menempuh pendidikan,” kata Dominggus dihadapan peserta.

Dia menjelaskan, pemerintah Provinsi Papua Barat memiliki program Afirmasi pendidikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Papua agar bisa bersaing dengan daerah lain.

Menurut gubernur, pembangunan SDM merupakan salah satu program prioritas pada kepemimpinanya. Hal ini dinilai selaras dengan program nasional yang gelontorkan Presiden Joko Widodo.

Gubernur IPDN Ermaya Suradinata, pada kesempatan itu mengatakan,  pada Rabu (30/8) panitia seleksi melaksanakan tes tahap akhir. Seleksi khusus program Afirmasi tersebut berhasil menjaring 23 orang.

Ermaya mengutarakan, para calon pamongpraja ini diharapkan berangkat paling lambat Jumat (1/9) dari Manokwari menuju Jakarta.

Setibanya di Jakarta, mereka akan dibawa ke Kampus Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang untuk mengikuti pendidakan awal. Selanjutnya ke kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.

Dia menambahkan, sebelum panitia telah melaksanakan seleksi umum. Pada tes tersebut panitia berhasil menjaring 45 peserta dari Papua Barat.

“23 putra-putri daerah masuk dalam kuota program afirmasi. Mereka akan menempuh pendidikan dengan biaya yang ditanggung pemerintah daerah,” pungkasnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan