Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana

25 Mahasiswa Bersaing Jadi Duta Generasi Mahasiswa

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— 25 perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Papua Barat, Rabu lalu, mengikuti grand final pemilihan duta generasi mahasiswa, salah satu lomba yang diorganisir BKKBN Papua Barat dengan misi utama mengajak kaum muda merencanakan masa depan mereka secara matang.

Para perwakilan mahasiswa dari UNIPA (21 utusan), Poltekes Kemenkes Manokwari (2) dan Sorong (2) tersebut mengikuti pemilihan di hotel Oriestom, Manokwari. Tim juri lomba ini adalah Joko Suyatno dan Iriwi L Ainone (UNIPA), Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Manokwari Margrid Pondayat, BKKBN Papua Barat Damanis Banne, dan Duta Mahasiswa 2014 Yohanes Awarawi.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Wilayah Papua Barat Charles Brabar mengatakan, kegiatan ini telah digelar dalam beberapa tahun terakhir. Brabar mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini untuk memberi pandangan serta pedoman kepada generasi muda/remaja agar mereka bisa merencanakan masa depan secara matang terkait dengan program peningkatan kualitas penduduk Indonesia. “Kalau kita tidak interfensi anak-anak ini mulai dari sekarang, maka apa yang kita harapkan kedepan akan sia sia,” kata Brabar.

Duta generasi mahasiswa yang terpilih dalam perlombaan ini nantinya akan dikirim mengikuti pemilihan duta generasi mahasiswa nasional pada Oktober bulan depan. Namun sebelum itu mereka akan dikarantina selama beberapa hari untuk meningatkan wawasan tentang isu-isu keluarga berencana. |DINA RIANTI