Korem 171/PVT Cendrawasih, Sorong

275 Prajurit Korem Berlatih Penanggulangan Bencana

SORONG, CAHAYAPAPUA.com— Sebanyak 275 prajurit Korem 171/PVT, terdiri dari kelompok penyelenggara, Senin (19/10) kemarin menggelar latihan penanggulangan bencana alam, yang dilaksankan di lapangan tembak Korem 171/PVT, Jalan Pramuka, Kota Sorong.

Latihan itu dipimpin oleh, Pasi Lat Korem 171/PVT, Kapten Inf. Gurbasa Samosir. Kegitan tersebut merupakan program Kodam XVII/Cenderawasih, dimana Kodam sebagai Kompartemen strategis dan Korwil, yang dilaksanakan diseluruh wilayah kesatuan Negara republic Indonesia.

Dalam press realenya mengatakan, Korem 171/PVT sebagai Satuan Komando Kewilayahan, mendukung pelaksanaan tugas, memberikan bantuan kepada Pemda/Instansi lain dalam penanggulangan bencana alam di wilayah.

Pedoman Penanggulangan Bencana alam di darat, dimana dalam prosedur pelaksanaannya Gubernur, Bupati/Walikota secara lisan menyampaikan permohonan permintaan bantuan kekuatan TNI AD kepada Pangdam, Danrem maupun Dandim, sesuai dengan strata jabatan dan tataran kewenangannya diikuti permohonan permintaan secara tertulis.

Latihan penanggulangan Bencana Alam ini bertujuan tujuan melatih prosedur dengan tata cara kerja yang berlaku, agar memiliki keterampilan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan sekaligus menyelesaikan tugas yang diemban tepat waktu dan tepat sasarannya.

Mengingat wilayah Korem 171/PVT mempunyai kondisi Geografi, Geologi, dan Hidrologis yang sangat memungkinkan terjadinya bencana alam, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga dampak dari bencana alam tersebut dapat menimbulkan banyak kerugian fisik dan non fisik.

Namun hal tersebut membutuhkan satu pemikiran dan penanganan khusus, untuk langkah-langkah antisipasi, guna mengurangi korban yang lebih besar. Oleh karenanya melalui latihan ini diharapkan setiap peserta yang terlibat mempunyai gambaran prosedur tatacara penanggulangan bencana yang sebenarnya.

Sebelumnya, peserta latihan mendapatkan pembekalan dari staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sorong, tentang gempa bumi dan tsunami.

Dalam latihan penanggulangan bencana alam ini, disamping mendapatkan pembekalan materi secara teori peserta juga akan dilaksanakan praktek sesuai dengan skenario yang direncanakan bertempat di Makorem 171/PVT dan di Aimas unit II Kab. Sorong. |NASIR