Kepala Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Sorsel, Rijal Rullah

3.360 Penduduk Sorong Selatan Terdaftar BPJS Kesehatan

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com— Penduduk di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) sudah bisa merasakan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebanyak 3.360 penduduk di Kabupaten Sorsel terdata untuk mendapat layanan kesehatan yang dianggarkan melalui dana APBD tahun 2015 oleh Pemerintah Kabupaten Sorsel.

Kepala Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Sorsel, Rijal Rullah mengatakan sebanyak 3.360 data penduduk tersebut merupakan data diterima pihaknya dari Pemkab Sorsel dalam hal ini BPKAD berdasarkan data dari dinas sosial.

Data yang diambil dari dinas sosial, katanya juga, berdasarkan nomor induk kependudukan yang diterbitkan Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil.

Masyarakat yang masuk dalam data tersebut, lanjut Rijal, sudah bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan terhitung sejak 1 Januari 2015 lalu.

Namun penduduk yang bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan, lanjutnya, hanya berlaku bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan.

Alasannya menurut Rijal, karena anggaran pemda hanya menjamin bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan dan sudah terdaftar di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil per 1 Januari 2015.

Data penduduk itu, sambungnya, akan terus dievaluasi setiap tiga bulan untuk mengkroscek apakah masih ada data penduduk yang sudah meninggal, sudah berkeluarga, ataupun menjadi PNS dan sudah bekerja di perusahaan lain.

“Kalau misalnya nanti ada penambahan data peserta berdasarkan data dari dinas Sosial, kami tetap menjaminnya dengan catatan ada surat rekomendasi kepala dinas sosial disertai dengan foto kopi KTP,” ungkapnya.

Ditambahkanya kerjasama BPJS Kabupaten Sorong Selatan dengan BPJS Sorong sudah ditandatangani per 1 Oktober 2015 lalu dan berlaku sampai 31 Oktober 2015. Dan, pada tahun 2016 akan diadakan Memorandum of Understanding (MoU) lagi.|NASIR|BUSTAM