Badan Pengawas Pemilu

3 Anggota Bawaslu Papua Barat Dinonaktifkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Badan Pengawas Pemilu RI telah mengeluarkan surat resmi penonaktifan 3 anggota Bawaslu Papua Barat. Sejak Senin lalu, para anggota Bawaslu tersebut sudah tidak berkantor.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Barat, Muhammad Idrus membenarkan hal tersebut kemarin. Penonaktifan berlaku sejak Sabtu 21 November 2015.

Idrus menegaskan meski 3 anggota Bawaslu itu telah nonaktif namun tidak menganggu kerja sekretariat Bawaslu Papua Barat yang mempekerjakan 27 pegawai tetap.

“Kami punya tupoksi berjalan seperti biasa sampai nanti ada keputusan baru. Tugas sekretariat adalah mengurusi masalah administrasi dan anggaran. Bukan tugas pengawasan,” ujar Idrus.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, penonaktifan anggota Bawaslu ini terkait sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak yang sebelumnya disupervisi oleh Bawaslu Papua Barat.

Meski begitu ketua dan anggota Bawaslu lainnya belum dapat dihubungi untuk menjelaskan alasan lengkap dibalik penonaktifan tersebut. |RASYID FATAHUDDIN