bantuan-modal-usaha anneahira.co

30 KUBE Kaimana Akan Terima Bansos 600 Juta

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com—– Sebanyak 30 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang tersebar pada dua kelurahan, masing-masing Kaimana Kota dan Krooy akan menerima dana bantuan sosial dari Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Kementerian Sosial RI dengan total sebesar Rp.600 Juta.

Bantuan dana akan dialokasikan melalui rekening KUBE, dengan jumlah masing-masing Rp.20 Juta. Untuk memaksimalkan pemanfaatan bantuan, Dinas Sosial Kabupaten Kaimana telah melaksanakan bimbingan teknis (Bintek) melibat anggota KUBE.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bantuan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kaimana, Markus Tanggarofa, SH saat dikonfirmasi wartawan terkait kegiatan Bintek yang digelar belum lama ini.

Dikatakan, Bintek dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para anggota KUBE tentang cara bagaimana mengelola dan mengembangkan bantuan stimulant, yang dialokasikan Kementerian Sosial. Bantuan yang diperoleh lanjut Markus, harus mampu membawa manfaat bagi kesejahteraan hidup, terutama bagi anggota kelompok usaha bersama.

Dijelaskan, setiap KUBE berjumlah 10 orang, dengan komposisi kepengurusan ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Setiap KUBE akan didampingi pengawas yang berasal dari kelompok masyarakat.

“Untuk mekanisme pengalokasian dana, akan langsung ditransfer ke rekening KUBE. Kami dari Dinas Sosial hanya melakukan pendampingan dan memfasilitasi kegiatan Bintek. Bintek dimaksudkan agar KUBE memahami mekanisme pengelolaan dana. KUBE perlu dibekali dengan pengetahuan bagaimana cara agar dana yang diberikan bisa berkembang dan membawa manfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup,” jelas Markus. |ISABELA WISANG