Peta Provinsi Papua Baratarat.

4 KABUPATEN RESMI DIJABAT CARETAKER BESOK

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- – Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi direncanakan akan melantik caretaker bupati kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Teluk Bintuni dan Kaimana pada Kamis 26 November mendatang di Auditorium Gedung PKK Arfai, Manokwari. Pelantikan caretaker bupati Fakfak akan dilakukan kemudian.

Asisten I Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamudi, Selasa kemarin mengatakan, dari usulan 5 karateker bupati itu, pemerintah Provinsi Papua Barat melalui biro pemerintahan telah mengantongi 4 Surat Keputusan (SK) penunjukan karetaker bupati oleh Menteri Dalam Negeri.

“Dari kelima (caretaker) yang diusulkan, 4 sudah ada SK-nya sedangkan satunya lagi, kabupaten Fakfak masih dalam proses di Kementerian Dalam Negeri, karena masa jabatan bupatinya akan berakhir pada tanggal 6 Desember 2015 ini, nanti tanggal 7 baru dilantik,” jelas Musa Kamudi di ruang kerjanya.

Musa mengatakan pelantikan terhadap 4 caretaker selain Fakfak akan digelar secara bersamaan pada Kamis 26 November bertempat di Auditorium Gedung PKK, Kantor Gubernur Papua Barat, Arfai pukul 13.00 WIT. 4 caretaker telah bertemu dengan pemerintah Papua Barat Selasa kemarin, sementara gladi resik pelantikan akan digelar hari ini.

Setelah dilantik, pemerintah provinsi Papua Barat, bersama Kapolda Papua Barat dan Kepala BIN Daerah Papua Barat akan mengantar para karateker bupati ini ke masing-masing kabupaten untuk menjalankan tugas sebagai bupati, dimulai dari Sorong Selatan (27 November), Raja Ampat (28), Kaimana (30) dan terakhir Teluk Bintuni (1 Desember).

Soal nama 4 caretaker yang dimaksud Kamudi, ia enggan menyebutkan. “Nama-nama karateker itu belum bisa diumumkan, karena ditakutkan terjadi perubahan atau pergantian secara mendadak,” kata dia.

Musa berharap masyarakat dan pejabat pemerintahan di masing-masing kabupaten yang pemerintahannya dipimpin oleh ke 4 karateker bupati ini, dapat menerima dan mendukung para karateker bupati ini dalam menjalankan roda pemerintahan sampai dilantiknya bupati definitif. | RIZALDY