5 Miliar Menanti Putra/i Papua yang Lolos Kedokteran Unipa

SORONG,CAHAYAPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Sorong akan memberikan bantuan beasiswa senilai Rp 5 Milyar, kepada 5 putra-putri Papua kabupaten Sorong, yang dinyatakan lulus seleksi sebagai Mahasiswa Kedokteran, Universitas Negeri Papua (Unipa).

“Kita akan berikan beasiswa kepada putra-putri asli papua, apabila mereka lolos seleksi dan kuliah di Kedokteran, Universitas Negeri Papua, sekarangkan Fakultasnya sudah dibuka di Kabupaten. Kalau nilai bagus dan berhasil lulus seleksi, kita akan kasih dananya,” kata Asisten II Kabupaten Sorong, Abdul Gani Malagapi MM, di Kota Sorong, Sabtu (31/1/2015) siang.

Hal ini sengaja diberikan, lantaran, para putra-putri Papua yang memiliki prestasi, namun tidak didukung dengan ekonomi yang memadai akhirnya kandas dan tidak mampu melanjutkan apa yang dinginkan.

“Ada masyarakat kita khusus orang Papua, yang pintar-pintar, tapi karena faktor ekonomi, factor keluarga, sehingga mereka tidak mampu ambil kedokteran di daerah luar Sorong. Untuk itu, Fakultas Kedokteran Unipa kerja sama dengan UI dan pemerintah Kabupaten Sorong, kerja sama supaya masyarakat Papua dapat sekolah disitu,” kata Gani.

Sumber dana tersebut diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sorong,  tahun anggaran 2015, yang diperuntukkan bagi lima orang.

“Tahun kemarin kami sudah anggarkan kepada tiga orang putra-putri Papua, sebesar tiga milyar, tahun kita akan anggarankan lagi lima orang, sebesar 5 miliar, kami biayai sampai dia selesai kuliah, jadi tinggal belajar dan belajar saja,” ujarnya.

Oleh karena itu, lelaki berdarah Maluku Utara ini menghimbau, kepada para siswa-siswi Papua, untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. | CR-73

Tinggalkan Balasan