Ilustrasi-Korupsi

5 PNS Terjerat Korupsi di Wondama Diboyong ke Manokwari Pekan Depan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari menyatakan lima tersangka Pegawai Negeri Sipil, yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi program kualifikasi PNS menjadi sarjana tahun 2014 di Teluk Wondama, akan diboyong ke Manokwari pada 15 Maret pekan depan.

Saat ini kelimat tersangka tersebut masing-masing AB, SA, SP, EK dan KU masih berada di Teluk Wondama.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Manokwari Irvan Bilaleya di Manokwari, Jumat (10/3), mengatakan, sebelum diserahkan ke Kejari, mereka akan lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Berdasar hasil koordinasi dengan penyidik Polres Teluk Wondama para tersangkan akan dibawa ke Manokwari pada 15 Maret 2017,” kata Irvan.

Irvan mengatakan penyerahan tersangka ini dilakukan menyusul telah rampungnya berkas para tersangka yang telah berada ditangan Kejari Manokwari.

Kelima tersangka ini terjerat dalam dugaan korupsi program sarjana kependidikan guru dalam jabatan atau peningkatan kulifikasi untuk menjadi sarjana tahun 2014 di Teluk Wondama yang diduga merugikan negara Rp 1,1 miliar lebih.

Mereka berposisi sebagai panitia kegiatan lanjutan dalam program yang diikuti 156 PNS. Tiga PNS yang telah terdaftar dalam program tersebut diketahui absen. Mereka diduga memungut Rp. 7,5 juta dari tiap peserta.

Para tersangka dijerat pasal 12 huruf e dan f Undang Undang  Republik Indonesia tahun 1999, jo Undang-undang Nomor 20 tahun 2001, tentang perubahan atas undang undang RI nomor 31 tahun 1999, tentang Pmberantasan Tindak Pidana Korupsi ayat1 ke 1e KUHP. (ONE)

Tinggalkan Balasan