Para PNS yang merupakan peserta studi banding ke Bantaeng Sulawesi Selatan. Mereka dilepas secara resmi ke kabupaten terbaik di Indonesia.

50 Pegawai SKPD Studi Banding ke Kabupaten Terbaik, Bantaeng

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sebanyak 50 orang perwakilan dari 31 SKPD di pemprov Papua Barat, Senin (5/10), dilepas untuk mengikuti studi banding di kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

Para pegawai ini adalah kalangan kepala kepala seksi yang memiliki posisi jabatan pegawai eselon IV yang menjadi bagi dari pendidikan dan pelatihan tingkat empat.

Kepala Bidang Struktural Badan DIklat Papua Barat, Indra Worisio mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih selama 4 hari, berakhir 11 Oktober.
Di kabupaten Bantaeng, peserta akan mengunjungi Dinas Kesehatan, BPKAD, Dinas Pertanian dan Badan Penanaman Modal dan Perijinan Tepadu. Kabupaten Bantaeng merupakan kabupaten terbaik di Indonesia.

“Ini merupakan program perioritas rutin setiap tahun. Diharapkan mereka bisa mendapatkan hal yang terbaik di SKPD sana untuk diamati ditiru dan diadopsi. Jadi apa yang terbaik mereka dapatkan di SKPD mereka terapkan di sini, ” kata Indra.

Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan diwakilkan staf ahli Gubernur Jaconias Sawaki menyampaikan, pendidikan dan pelatihan jabatan PNS adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan PNS sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Khususnya pejabat eselon IV diwajibkan mengikuti pendidikan dan pelatihan tingkat empat agar memiliki kompetensi kepemimpinan operasional. “Saya minta peserta untuk menegakan disiplin, menjaga sikap perilaku, berpartisipasi aktif dan bertanggungjawab, ” himbau sekda. |DINA RIANTI