Ilustrasi e ktp | Antara via Kabar24

50 Persen Warga Manokwari Barat Tak Punya e-KTP

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Distrik Manokwari Barat merupakan salah satu distrik terbesar di Kabupaten Manokwari. Namun masyarakat Distrik Manokwari Barat belum sepenuhnya memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Penyebab utamanya adalah kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan kesadaran masyarakat akan identitas diri belum sepenuhnya dipahami.

Operator e-KTP Distrik Manokwari, Zahroni, Senin (12/1/2015) mengatakan, saat ini masyarakat Distrik Manokwari baru 50 persen yang sadar membuat e-KTP maupun KTP Nasional.

“Kendalanya terletak dikurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat dan juga kesadaran masyarakat untuk membuat KTP masih sangat minim. Dalam arti kalau ada kebutuhan baru mereka mau buat KTP,” katanya.

Zahroni menambahkan, saat ini e-KTP sudah bisa dicetak di Manokwari melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari, namun masyarakat diminta agar lebih bersabar dikarenakan proses pembuatan e-KTP tidaklah seperti proses pembuatan KTP Nasional.

Selain itu menurut Zahroni, kurang minatnya masyarakat untuk membuat KTP di kantor distrik ataupun dinas terkait dikarenakan saat ini banyaknya jasa pembuatan e-KTP palsu yang beredar di Kabupaten Manokwari.

“Saat ini juga pembuatan E-KTP palsu maupun KTP nasional palsu juga marak beredar mungkin itu salah satu penyebabnya masyarakat lebih memilih cara instan dari pada membuat KTP asli, padahal kalau disadar itu sama halnya dengan merugikan dan menyusahkan diri mereka sendiri,” tegasnya. |ADITH SETYAWAN

One comment

  1. Penduduk manokwari banyak namun pelayanan pembuatan E KTP yang sangat kurang..
    Kalau di kantor kantor distrik setempat bisa melayani itu saya rasa lebih membuat masyarakat berminat mempunyai E KTP ..
    Dan di sertai pegawai yang profesional..
    NO ” PUNGLI .

Tinggalkan Balasan