Foto bersama bupati bersama tim penyelenggara dan anak- anak peserta khitanan massal di Distrik Manimeri, Sabtu (2/9).

500 anak di Bintuni mengikuti khitanan massal

BINTUNI, Cahayapapua.com— Sekitar 500 anak di Kabupaten Teluk Bintuni mengikuti khitanna massal, di Yayasan An – Nur, SP 1, Distrik Manimeri, Sabtu (2/9).

Bhakti sosial ini diselenggarakan oleh Yayasan Islam Al – Fuqron dari Kabupaten Magelang yang telah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Khitanan massal tahun 2017 merupakan yang ke 5 dengan jumlah 2000 anak Papua yang tersebar di Papua dan Papua Barat.

Mendukung program sosial ini, Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw dan Matret Kokop hadir dalam kegiatan yang dibuka oleh bupati dan akan berlangsung 1 – 4 September 2017.

Petrus Kasihiw selaku orang tua di Kabupaten Teluk Bintuni mengungkapkan terima kasih kepada penyelenggara atas terselenggaranya program khitanan massal tersebut. Ia menyatakan khitanan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam.

“Saya sangat mendukung program ini bisa terselesaikan khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni ini. Sebanyak mungkin bisa di khitan, itu harapan kita,” kata Bupati.

Bupati mengharapkan agar anak – anak perlu dipersiapkan sebagai insan yang mampu menjalankan tugas dan kewajiban dari Tuhan, serta meninggalkan apa yang menjadi larangan-Nya. “Saya sekali lagi ucapkan terima kasih kepada tim dari pusat,” kata Kasihiw.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Pusat, Ust. Muhamad Wujud Arba’in mengatakan pihaknya menarget sekitar 500 anak yang di khitan, tapi hal ini bisa lebih karena antusias warga sangat tinggi.

“Bahwa acara ini sudah dilakukan kali ke 5, pertama di NTT, ke dua di NTT, ke tiga Papua, kali ke empat di NTT, dan yang kali ke lima di Papua, untuk kali ke lima pesertanya bisa mencapai lebih dari 2500 anak,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Lokal, Hamis Silaratubun mengatakan usai melaksanakan khitanan massal di Distrik Manimeri, tim dari pusat dibantu tim RSU Bintuni juga melakukan perjalanan ke Distrik Taroi, Tomu, Aranday, Tofoi, dan wilayah lain di pesisir untuk menggelar bakti sosial ini. Selain di Bintuni,  tim dari pusat juga melakukan bakti sosial di Manokwati, Raja Ampat, Sorong, Fakfak, Kerom, dan Jayapura. (art)

Tinggalkan Balasan