Plt Kepala Dinas Sosial, Budaya dan Pariwisata Teluk Bintuni Matius Pasaroan

6.547 KK di Bintuni Bakal Terima KIS

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam waktu dekat akan menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke 6547 Kepala Keluarga (KK).

Plt Kepala Dinas Sosial, Budaya dan Pariwisata Teluk Bintuni Matius Pasaroan, pekan kemarin mengatakan pihaknya saat ini sedang menunggu Surat Keputusan (SK) sebagai dasar penyaluran bagi penerima KIS dari Kementerian Sosial.

“Pendataan baru bulan kemarin kami rampung dan sudah dikirim ke Kementerian Sosial untuk diterbitkan SK. Dalam waktu dekat kartunya sudah bisa diterbitkan ke 24 Distrik,” katanya di kantor bupati, SP 3.

Dijelaskan terkait waktu penyaluran program Presiden Joko Widodo ini belum bisa dipastikan sebab Dinsos juga masih menunggu pengiriman kartu dari kementerian sosial.

“Informasi yang kita terima masih dalam pencetakan. Sesudah itu kita salurkan, apakah melalui kantor Pos atau BPJS, atau Dinas Sosial sendiri kita belum tahu. Tapi kalau selama ini melalui BPJS,” katanya.

Lebih lanjut, Pasaroan menjelaskan proses pendataan yang sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu dilakukan di tingkat kampung dan distrik. Dalam proses pendataan tersebut Dinsos melibatkan seluruh kepala distrik dan kampung.

“Setelah itu kita verifikasi bersama-sama dengan semua kepala distrik, BPJS, dan BPS. Dan hasilnya yakni 6547 KK calon penerima,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan dalam mengumpul data tersebut banyak menemui kendala yakni transportasi dari distrik ke distrik, dan dari kampung ke kampung.  “Inilah yang membuat lama. Baru tahun ini kita bisa rampungkan rumah tangga miskin ini,” pungkasnya. (ART)

 

Tinggalkan Balasan