Penjabat Bupati pada pencanangan PIN Polio Kabupaten Kaimana.

6.678 Anak Diberikan Vaksin Polio

KAIMANA, Cahayapapua.com–– Selasa (8/3/2016) bertempat di Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Penjabat Bupati George Yarangga, A.Pi,MM secara resmi melaksanakan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 tingkat Kabupaten Kaimana yang ditandai penyerahan perangkat PIN Polio kepada beberapa juru imuniasi serta pemberian cairan pencegah polio kepada beberapa anak. Sementara total penerima vaksin Polio di Kabupaten Kaimana adalah 6.678 anak usia 0-59 bulan yang tersebar pada 8 Puskesmas se-Kaimana.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kaimana selaku Koordinator PIN Polio 2016, dr. Joulanda Mentang dalam laporannya mengatakan, pencanangan PIN Polio ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Kaimana yang sehat melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau sesuai dengan visi Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana.

Kegiatan PIN Polio lanjut Dokter Joulanda, akan dilaksanakan sesuai jadwal nasional yakni 8-15 Maret 2016 dengan sasaran anak usia 0-59 bulan. Di Kabupaten Kaimana, total sasaran pemberian vaksin polio adalah kepada 6.678 anak yang tersebar pada 86 kampung dan kelurahan di delapan Puskesmas se-Kabupaten Kaimana. Pemberian vaksin polio ini sendiri akan dilakukan oleh juru imunisasi Puskesmas dibantu tenaga kesehatan Puskesmas dan kader Posyandu.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kaimana agar memberikan dukungan dan memiliki pandangan yang sama untuk mencegah penyakit berbahaya seperti polio melalui imuniasasi, mengingat penyakit polio ini dapat menyerang anak-anak dan berpotensi terjadi kecacatan seumur hidup bahkan kematian apabila yang lumpuh adalah otot-otot pernafasan. Dijelaskan, virus polio dapat masuk melalui aliran darah dan mengalir ke sistim saraf pusat menyebabkan melemahnya otot dan terjadi kelumpuhan.

Kesempatan yang sama Penjabat Bupati George Yarangga membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kegiatan pekan imunisasi nasional polio penting dilakukan sebagai upaya mitigasi dalam memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio di Indonesia. Program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan utamanya dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. “Dengan iminisasi polio kita menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas yang bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio,” ujar Joko Widodo. (ISA)

Tinggalkan Balasan