Penjabat Bupati menyematkan tanda peserta dan menyerahkan buku panduan Prakerin kepada Siswa SMKN 2 Kaimana.

61 Siswa SMKN 2 Mengikuti Prakerin

KAIMANA, Cahayapapua.com– Rabu (16/3/2016) bertempat Aula SMK Negeri II Kaimana, Penjabat Bupati George Yarangga, A.Pi,MM secara resmi melepas 61 siswa-siswi Kelas 11 SMKN 2 yang akan melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) pada instansi pemerintah dan swasta di Kabupaten Kaimana dan beberapa kota tujuan di Indonesia. Pelepasan peserta ditandai penyematan tanda peserta dan penyerahan panduan Prakerin kepada empat perwakilan siswa dari empat jurusan.

Hadir menyaksikan acara pelepasan dimaksud, sejumlah orangtua siswa serta para guru SMK Negeri II. Adapun 61 siswa-siswa Prakerin ini berasal dari Jurusan Teknik Menggambar Bangunan 9 orang, Administrasi Perkantoran 9 orang, Akuntansi 22 orang dan Teknik Sepeda Motor 11 orang. Mereka akan melaksanakan Prakerin di Kaimana sebanyak 42 orang, Surabaya 9 orang, Makassar 4 orang dan Jayapura 6 orang.

Penjabat Bupati didampingi Kepala SMK Negeri II, Samirudin, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, praktek kerja industri merupakan wadah yang strategis untuk melatih siswa-siswi menghadapi dunia kerja, sekaligus sebagai ajang bagi siswa-siswi untuk belajar menghadapi persaingan dikemudian hari. Dikatakan, Prakerin juga membuka kesempatan bagi siswa-siswi untuk mengaplikasikan ilmu atau materi yang diterima di sekolah selama ini, membentuk pola pikir sekaligus melatih siswa-siswi berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional sesuai bidangnya di dunia kerja.

Untuk itu lanjut Yarangga, hal yang wajib ditaati oleh seorang peserta Prakerin ketika berada di tempat kerja adalah melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang sudah disepakati, mematuhi setiap instruksi di tempat kerja, memperhatikan K3 yakni Kesehatan dan Keselamatan Kerja, serta menjaga nama baik lembaga pendidikan almamater. Setiap peserta Prakerin harus bisa menunjukan sikap dan etos kerja yang baik selama di tempat Prakerin.

“Saat di tempat kerja lakukan Tupoksi dengan baik, terlebih kepada mereka yang melaksanakan prakerin jauh diluar Kaimana. Bertanya kepada pihak yang berkompeten apabila kurang paham atau kurang mengerti. Setiap peserta Prakerin wajib mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh lembaga. Jadikanlah Prakerin sebagai sebuah kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Kalau adik-adik melakukannya dengan baik, saya yakin masa depan juga akan baik. SMK Negeri 2 ini setiap waktu terus mengalami peningkatan prestasi. Pertahankan terus dan tingkatkan,” pesan Yarangga.

Kesempatan yang sama Kepala SMKN 2, Samirudin mengatakan, salah satu SMK di Papua Barat yang melakukan Prakerin di luar Kabupaten Kaimana adalah SMK Negeri 2 Kaimana dengan tempat tujuan Jayapura, Makassar dan Surabaya. Ia juga menegaskan, tahun ini Prakerin dilaksanakan tingkat lokal dan nasional, tetapi tahun depan akan membuat terobosan mengirim siswa-siswa mengikuti Prakerin di luar negeri dengan negara tujuan Malaysia dan beberapa negara asia lainnya.

“Selain Malaysia, siswa-siswi SMKN 2 juga akan dikirim prakerin ke Filipina, Jepang dan Korea. Bagaimana bisa sampai kesana, kami dari SMKN 2 sudah mempersiapkan beberapa bahasa asing. Tujuannya agar kedepan anak-anak pribumi Kaimana tidak hanya menjadi penonton tetapi benar-benar menguasai dunia kerja terutama di Kabupaten Kaimana. Kami juga akan bekerjasama dengan 85 SD di Kabupaten Kaimana dan juga akan MoU dengan Axioo yang bergerak di bidang perakitan komputer dan handphone,” pungkasnya. (ISA)

Tinggalkan Balasan