Ilustrasi, Kepiting.

63 Ekor Kepiting Selundupan Dilepas di Sorong

SORONG, CAHAYAPAPUA.com – Sebanyak 63 ekor kepiting, Rabu (16/9/2015) dilepas petugas karantina dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sorong di daerah pesisir pantai Jalan Victory. 63 kepiting itu sebelumnya berhasil diamankan petugas karantina ketika hendak diselundupkan melalui pelabuhan Yos Sudarso Kota Sorong beberapa pekan lalu.

Dari pantauan media ini, saat melepaskan 63 kepiting itu, turut hadir Kepala Karantina Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kamarudin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sorong, Rudy Laku , Ketua Komisi B DPRD Kota Sorong, Selestinus Paudanan dan masyarakat setempat.

Kepala Karantina Kementrian Kelautan dan Perikanan Kota Sorong , Kamarudin mengatakan, sesuai peraturan pemerintah Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelarangan Penangkapan Kepiting Bertelur Maupun Tidak Bertelur.

Hal ini juga berkaitan langsung dengan pelanggaran karangtina karena tidak melaporkan pada petugas karangtina sesuai undang-undang Nomor 16 Tahun 1992.
Ia berharap, kepiting yang dilepas tersebut, tidak ditangkap kembali oleh masyarakat namun harus dilestarikan .

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong , Rudi Laku mengatakan, mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama –sama menjaga kelestarian kepiting di Kota Sorong.

Ketua Komisi B DPRD Kota Sorong, Selestinus Paudanan mengapresiasi pihak karangtina dan Dinas Kementrian Kelautan dan Perikanan yang mampu mengawasi kelestarian kepiting dan sejenis lainnya.
Selestinus menghimbau masyarakat di daerah pesisir pantai jalan Viktory bisa melestarikan habitat kepiting demi dapat dinikmati nanti oleh anak cucu. |NASIR