ilustrasi, Pencatatan Sipil

7 Hari, Disdukcapil Jaring 130 Pasutri untuk Pencatatan Perkawinan

WASIOR, Cahayapapua.com— Banyak pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Teluk Wondama terutama yang berada di kampung-kampung belum melakukan pencatatan perkawinan secara sipil sekalipun telah hidup berumah tangga selama bertahun-tahun.

Terbukti dalam satu minggu turun kampung, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pencatatan perkawinan terhadap 130 pasutri. Mereka tersebar di 6 distrik yakni Windesi, Wamesa, Rumberpon, Soug Wepu, Roswar dan Roon.

“Kita pilih lakukan jemput bola karena masyarakat kita terlebih yang tinggal di kampung-kampung belum banyak yang melakukan pencatatan perkawinan. Ini supaya memudahkan mereka karena kalau harus ke Wasior kan jauh sekali,”ujar Kepala Disdukcapil Edison Kabiay di kompleks perkantoran Pemda di Rasiei, baru-baru ini.

Pada saat yang sama tim dari Disdukcapil juga melakukan pembuatan akta kelahiran dan akta kematian. Tercatat ada 624 akta kelahiran dan 5 akta kematian yang berhasil diterbitkan selama sepekan tim dari Disdukcapil melakukan kegiatan turun kampung.

“Dokumen kependudukan seperti itu memang banyak yang belum tahu sehingga kita juga sekaligus melakukan sosialisasi,”ujar mantan Kepala Bagian Perekonomian Daerah ini.(BRV)

 

Tinggalkan Balasan