Tujuh manfaat perasan air lemon yang menyehatkan tubuh. Foto: Getty Images|igorr1

7 Manfaat Air Lemon pada Pagi Hari

JAKARTA, CAHAYAPAPUA.com— Membangkitkan mood untuk mulai bekerja setiap paginya memang tidak mudah. Anda selalu mencari cara-cara instan untuk bisa meningkatkan kesehatan, gaya hidup sekaligus mood.

Tak perlu susah-susah, segelas air lemon di pagi hari ternyata bisa membuat pagi Anda lebih bersemangat. Tak cuma itu, segelas air lemon akan membantu Anda menjaga kesehatan.

Peras setengah buah lemon dan campur dengan segelas air. Akan lebih baik jika air yang digunakan adalah air bersuhu ruang. Berdasarkan penelitian Sacred Source Nutrition, sangatlah penting untuk memastikan air dalam kondisi suhu ruang. Air dingin dan air yang terlalu panas akan membuat pencernaan Anda kaget. Selain itu, suhu air yang terlalu ekstrem juga akan mengurangi manfaatnya.

Apa pentingnya minum air jeruk lemon pada pagi hari?

1. Mencegah hidrasi

Ada berbagai argumen tentang seberapa banyak air yang harus diminum setiap harinya. Namun titik pentingnya adalah untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Bagi Anda yang cenderung mudah bosan minum air putih biasa, air lemon akan membantu memuaskan dahaga sekaligus memberi sesasi rasa segar di dalam airnya.

2. Menghilangkan konstipasi

Jika Anda bermasalah dengan pencernaan atau konstipasi, air hangat dan lemon akan membantu melancarkan pencernaan. Kandungan asam dari jeruk akan membantu melancarkan pencernaan.

3. Mencegah bau mulut tak sedap

Tak ada yang lebih buruk di pagi hari selain bau mulut tak sedap. Menikmati segelas air lemon akan membantu melawan bakteri di dalam mulut.

Namun hati-hati, kandungan asam dari lemon bisa berbahaya bagi enamel gigi. Ada baiknya untuk membersihkan gigi dari lapisan asam lemon.

4. Menurunkan berat badan

Mendapatkan bentuk badan yang ideal bisa didapatkan dengan cara menikmati air lemon. Ada banyak teori yang mengatakan, air lemon akan membantu menurunkan berat badan. Termasuk adanya teori tentang kandungan pektin yang membuat perasaan lebih kenyang.

Fox News menyatakan bahwa air lemon memiliki kalori yang lebih kecil dibanding air biasa.

5. Menyegarkan kulit

Berkat vitamin C yang terkandung dalam lemon, kulit akan mendapat banyak asupan nutrisi. Menurut FitDay, vitamin C akan membantu meningkatkan produksi kolagen. Hal ini akan membantu mengurangi kerutan di wajah sehingga Anda terlihat lebih muda.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut The World’s Healthiest Foods, vitamin ini juga akan membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh.

7. Menguatkan otak

Lemon adalah sumber vitamin C yang tinggi. Namun lemon juga mengandung potasium yang akan membantu meningkatkan kemampuan otak dan syaraf.
(chs/vga/CNN INDONESIA)

 

Tinggalkan Balasan