Ilustrasi | Republika

70 Warga Kaimana Terserang Diare

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com- Penyakit diare kembali menyerang warga Kota Kaimana. Hingga pekan kemarin, jumlah pasien yang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kilo Dua Jalan Batu Putih mencapai 70 orang.

Dari jumlah tersebut, 4 diantaranya meninggal dunia. Adanya wabah diare diketahui sejak awal Desember 2014, setelah pihak RSUD menemukenali hasil diagnosa terhadap sejumlah pasien. Hingga berita ini diturunkan, jumlah penderita diare terus bertambah.

Direktur RSUD Kaimana Dr. Frengky Koromath, Sp.PD saat dikonfirmasi Cahaya Kaimana belum lama ini membenarkan, adanya penyakit diare yang menyerang puluhan warga Kota Kaimana. Ia bahkan menyebut, diare kali ini merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB) karena jumlah pasien yang dirawat mencapai lebih dari 70 orang.

Dikatakan, pihaknya terus berupaya melakukan tindakan pengobatan yang maksimal terhadap seluruh pasien. Disamping itu, pihak RSUD juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, untuk bersama-sama membantu menyelesaikan persoalan ini. Menurut Dokter Frengky, hingga saat ini, jumlah pasien yang telah dan sedang menjalani perawatan mencap;ai lebih dari 70 orang, yang didominasi pasien anak-anak. Dari jumlah tersebut, 4 diantaranya tidak dapat tertolong sehingga meninggal dunia.

Untuk mencegah bertambahnya jumlah penderita, dokter spesialis penyakit dalam ini meminta masyarakat agar memperhatikan pola makan. Masyarakat juga diingatkan untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan baik karena diare lebih sering menyerang sistim pencernaan. Dokter juga minta secara khusus kepada para orangtua, agar memperhatikan pola makan anak dan menghindari kebiasaan anak jajan sembarangan.

“Saat ini yang masuk dan dirawat di RSUD kurang lebih 70 orang. Dari jumlah tersebut, ada 4 yang tidak bisa tertolong karena kondisinya sudah sangat parah. Kami sudah berupaya memberikan pengobatan yang maksimal kepada seluruh pasien. Untuk mencegah bertambahnya penderita, kami minta masyarakat jaga pola makan karena diare biasanya menyerang sistim pencernaan. Orangtua juga tolong perhatikan pola makan anak, hindari kebiasaan jajan sembarangan. Untuk penanganan pasien sendiri, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kaimana agar membantu menyelesaikan permasalahan diare ini. Dan ini sudah menjadi komitmen bersama pihak RSUD dan Dinas Kesehatan,” jelas Dokter Frengky. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan