7,5 Miliar untuk Bangun Rumah Swadaya di Papua Barat

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Dinas Perumahan Rakyat pada kurun waktu tahun 2014 telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 7,5 Miliar untuk pembangunan rumah swadaya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Jumlah anggaran itu merupakan setengah dari total APBD Dinas Perumahan yang ditetapkan sebesar Rp. 12 Miliar.

Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Papua Barat, H. Wailan Kolondam mengatakan, kucuran anggaran 7,5 Miliar telah digunakan membangun rumah masyarakat tipe 45 sebanyak 29 unit di Kabupaten Manokwari, Sorong Selatan, Maybrat dan Raja Ampat.

Dinas juga mengalokasikan anggaran tersebut untuk pekerjaan pembangunan jalan lingkungan dan drainase di Kabupaten Manokwari. “Pembangunan rumah gratis dipastikan tinggal sedikit lagi tahapannya rampung. Tersisa pekerjaan di Kabupaten Sorong Selatan dalam tahapan penyelesaian,” aku Wailan.

Wailan menambahkan, selain kucuran dana APBD, pemerintah pusat juga menggelontorkan anggaran APBN berupa bantuan pembangunan rumah yang diperuntukan bagi seluruh kabupaten dan kota pada tahun 2014. Khusus di Papua Barat mendapat jatah sebanyak 40 unit rumah yang dibangun di 11 Kabupaten dan Kota. Proyek ini langsung ditangani Pemkab dan Pemkot, kecuali Kabupaten Fakfak dan Kaimana tidak mendapat alokasi tahun 2014.

Dimintai tanggapan rencana usulan anggaran tahun 2015, Wailan menjelaskan rencana usulan kegiatan Dinas Perumahan tahun 2015 yang diusulkan masih dalam tahap perencanaan dan pengusulan kepada Biro Keuangan. | DINA RIANTI

 

EDITOR: JUSRIWANTO

Tinggalkan Balasan