Illustrasi Pelayaran

8 Penumpang KM Dua Putri Ditemukan Selamat

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.comDelapan penumpang Kapal kayu, KM Dua Putri yang tenggelam di perairan Roswar, Jumat (19/12/2014) malam, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat. Penumpang yang terdiri dari 6 ABK dan 2 penumpang itu memilih bertahan di atas sisa badan kapal yang belum terendam.

Para penumpang ditemukan oleh awak KM Gracelia, sebuah kapal penumpang yang melayani rute pelayaran Manokwari-Teluk Wondama. “Kami dapat kode berupa lampu senter. Setelah kami dekati, ternyata kode ini dari ABK kapal yang tenggelam,” kata Kapten Kapal KM Gracelia, Petrus Kaloke.

Mendapat kode tersebut, ABK dari kapal penumpang ini pun langsung melemparkan jaket dan ban pelampung kepada korban sebelum dievakuasi. Petrus mengatakan, kapal kayu tersebut hanya terlihat atapnya di permukaan air.

Kapal ini tenggelam saat berlayar dan mengangkut 50 kilo liter bahan bakar minyak dari Manokwari ke kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama.

Kapten KM Dua Putri, Hasman mengatakan kemudi kapalnya rusak. Saat sedang diperbaiki, tiba-tiba gelombang besar datang dan menghantam badan kapal.

Akibatnya, air masuk ke dalam kapal dan mengenai mesin yang membuatnya mati. Pelahan kapal pun tenggelam.

“Karena kondisi malam, kami sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Kami hanya bertahan di atas atap kapal sambil menunggu bantuan,” tuturnya seperti dikutip Kompas.

Hasman mengatakan, dua penumpang yang ada di kapalnya adalah karyawan APMS Agung Mulia. “BBM yang kami angkut ada 5 KL milik PLTD Wasior dan sisanya milik Agung Mulia,” ujarnya.

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG