Harry Supriyono

80 Persen Kuota Anggota Polri Papua Barat untuk Putra Daerah

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat menyiapkan 80 persen kuota penerimaan calon siswa Bintara dan Tamtama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk putra asli daerah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono mengatakan, putra daerah mendapat prioritas di Papua Barat.

“Ini merupakan komitmen bapak Kapolda untuk memberdayakan putra asli Papua yang mau menjadi anggota Polri. Kebijakan ini juga diukur dengan beberapa tes dalam tahapan yang dimudahkan bagi putra putri Papua,”kata Hary, Rabu (1/6).

Dia mengungkapkan, pada penerimaan ini Polda sering mendapat pesan dari oknum untuk meluluskan keluarganya. Dengan tegas, Kapolda menolak pesan tersebut.

“Kapolda tak mau, ada berbuat aneh-aneh dalam proses penerimaan Bintara dan Tamtama Polisi ini. Kepada bawahanya juga beliau tegaskan jangan sampai melakukan penyimpangan,” ujarnya.

Mantan Kapolres Teluk Bintuni ini menambahkan, seleksi penerimaan ini cukup ketat. Panitia tidak mentolirir persyaratan menyangkut kesehatan jasmani dan rohani. Saat ini tahapan seleksi sudah masuk dalam tes jasmani setelah sebelumnya dalam seleksi Psikologi , 587 peserta yang lolos seleksi. (MAR)

Tinggalkan Balasan