Tenaga Kerja Asal China-Pabrik Semen Maruni, Manokwari-Papua Barat

80 TKA Ilegal Pabrik Semen Maruni Dideportasi Sepanjang 2015

MANOKWARI, Cahayapapua.com—— Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, Agus Purwanto mengungkapkan, sepanjang tahun 2015, lebih dari 80 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di pabrik semen Maruni dideportasi ke Negera asal, China.

Puluhan TKA tersebut harus dipulangkan karena bermasalah dengan dokumen perijinannya. “Pengawasan orang asing sudah dilaksanakan dengan baik. Dokumen keimigrasian TKA itu tidak benar dan lengkap sehingga, kita deportasi supaya dokumennya dilengkapi,” kata Purwanto, Rabu (27/4).

Pengawasan orang asing yang dilakukan tim gabungan beberapa waktu lalu, di lokasi Pabrik semen, juga menemukan permasalahan serupa. Saat ini, 9 TKA ditahan di Kantor Imigrasi Manokwari.

“Kita sudah amankan 9 orang TKA sejak 3 atau 5 hari lalu. Mereka bisa bejerka kembali jika syarat-syarat keimigrasian bisa dilengkapi. Kalau tidak bisa maka, kita akan deportasi,”ujarnya.

Pantauan media ini, beberapa TKA yang ditahan nampak berkeliaran di areal kantor Imigrasi. Kepala Kantor Imigrasi, Budiono belum dapat dikonfirmasi.

Terkait proses lanjut terhadap 9 TKA asal China tersebut, dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di daerah Yogyakarta. “Informasinya nanti dari Kepala Kantor saja biar jelas,” kata salah seorang pegawai yang ditemui. (ALF)

Tinggalkan Balasan