Pilkada serentak 2015

Ratusan Brimob Polda PB Diterjunkan Amankan Pilkada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Papua Barat siap membantu pengamanan pemilihan kepala daerah serentak di 9 kabupaten di Papua Barat, namun sejauh ini baru tujuh kabupaten yang telah meminta bantuan pengamanan dari satuan Brimob.

Kepala Satuan Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Heri Heriandi, baru-baru ini mengatakan, penyelenggaran Pilkada merupakan tanggung jawab semua pihak baik pihak penyelenggara, pengawasan, pengamanan hingga masyarakat.

Untuk itu dalam rangka membantu pengamanan di 9 kabupaten, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 251 personil ke tiga kabupaten di Papua Barat.

“Ini instruksi dari Krop Brimob Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, untuk Manokwari sebanyak 65 personil, sedangkan untuk Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Kaimana, Fakfak, Teluk Wondama, masing-masing 31 personil, dan Raja Ampat 62 personil,” ujarnya.

Sedangkan untuk kabupaten lainnya belum ada pergeseran pasukan mengingat Polres setempat belum melakukan pengajukan permintaan penambahan personil.

Dirinya juga mengatakan, kedepan Polda Papua Barat akan mendapatkan penambahan personil Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Markas Brimob Kelapa Dua Jakarta sebanyak 200 personil, dimana ratusan personil tersebut ditempatkan di dua kabupaten Yakni Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari

Para personil BKO ini nantinya akan bertugas sejak kedatangannya tanggal 6 Desember (Masa tenang Pilkada) hingga 26 Desember mendatang. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM