Logistik Pilkada Sorong Selatan

KPU Sorsel Distribusi Kotak dan Bilik Suara Sejak 22 November

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) telah mendistribusikan kotak suara dan bilik suara sejak 22-24 November 2015 ke 15 distrik yang ada di Kabupaten Sorsel.

Komisioner KPU, Divisi Logistik, H. Abdullah, mengatakan, pendistribusian kotak suara dan bilik suara lebih awal dilakukan mengingat masih akan dirakit lagi oleh petugas PPD di tingkat distrik.

“Kita sudah distribusikan kotak suara dan bilik suara sejak tanggal 22-24 November. Sedangkan surat suara akan didistribusikan H-4 menjelang pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015,” kata Abdullah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/11).

Dikatakannya KPU logistik Pilkada Sorsel seperti surat suara, kotak suara, bilik suara hingga tinta telah tiba di Kantor KPU Sorsel dari PT Adipura Makassar Selasa tanggal 17 November 2015. Sedangkan formulir model C, model DA, model DB, hologram dan segel diperkirakan dalam dua hari kedepan baru tiba di Kantor KPU Sorsel.

Kendaraan logistik Pilkada Sorsel selama perjalanan dari Kota Sorong dikawal dua anggota Kepolisian Polres Sorsel. Surat suara dibawa dengan menggunakan mobil L.200, sementara kotak suara dan bilik suara dibawa menggunakan truk dari Pelabuhan Sorong.

Dikatakannya dari jumlah logistik Pilkada Sorsel yang diterima KPU Sorsel sebanyak 9 dus kecil sekitar 36.664 surat suara plus surat suara pemilu ulang sebanyak 2000 surat suara untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam di suatu tempat saat Pilkada 9 Desember 2015. Selain itu bilik suara sebanyak 286 dan kotak suara sebanyak 143 sesuai jumlah TPS di Kabupaten Sorsel.

Untuk surat suara, kata Abdullah, sudah disortir, dilipat dan dihitung pada tanggal 21 November lalu. Terdapat 40 surat suara yang rusak, di mana warna surat suaranya kekuning-kuningan atau tidak sesuai standar.

“Kita sudah sortir surat suaranya pada tanggal 21 November lalu dengan melibatkan seluruh staf Sekretariat KPU, anggota Panwas dan anggota kepolisian yang bertugas di KPU. Hari ini kita akan melakukan pembagian surat suara per TPS,” jelasnya.

Dikatakan Abdullah surat suara Pilkada 2015 akan didistribusikan H-4 atau tanggal 5 Desember sebelum pelaksanaan Pilkada 9 Desember digelar bersamaan dengan pergeseran pasukan (serpas). “Logistik ini nantinya dipergunakan untuk keperluan pemungutan suara pada 9 Desember 2015,” ungkapnya. |NASIR