Ilustrasi. Foto: Ist

90 Persen Daging dan Telur di Manokwari Dipasok dari Luar

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Permintaan terhadap daging maupun telur ayam di Kabupaten Manokwari terus meningkat setiap tahun. Sejatinya ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun, sampai saat ini belum banyak yang petani maupun warga lainnya yang menekuni usaha peternakan unggas.

Pasokan pakan yang terbatas menjadi alasan utama usaha peternakan unggas terutama ayam menjadi kurang diminati. Alhasil, selama ini sebagian besar kebutuhan daging dan telur di Manokwari dipasok dari luar daerah.

“Daging ayam dan telur lokal masih sangat sedikit, (peternakan ayam) yang ada hanya di SP-3 karena stok pakan tidak ada. Jadi sekitar 90 persen dari luar daerah, “ ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Manokwari Kukuh Saptoyudo.

Ini disampaikan pada saat rapat tim Bapok menyambut Natal dan Tahun Baru, belum lama ini di kediaman Wakil Bupati Manokwari, Jalan Brawijaya Manokwari.

Seorang warga di distrik Masni mengaku terpaksa mengurungkan niatnya membuka usaha beternak ayam lantaran sulit mendapat pasokan pakan. Selama ini pakan ternak didatangkan dari Sulawesi maupun dari Jawa dengan harga yang relatif tinggi.

Ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah membuat ketersediaan daging maupun telur ayam di Manokwari sering terganggu. Beberapa hari lalu misalnya, telur ayam sempat langka hingga membuat harga menjadi melambung tinggi akibat pasokan telur terlambat masuk ke Manokwari.

Pasokan pakan unggas yang terbatas, sebenarnya bisa diatasi seandainya pembangunan pabrik pakan ternak di SP-6 Masni yang merupakan bantuan dari Kementerian Perindustrian terwujud.

Sayangnya, meski Pemkab Manokwari sudah menyiapkan tanahnya, Kemenperin membatalkan proyek tersebut dengan alasan tidak ada kontraktor yang berminat serta tidak adanya kepastian mengenai kesiapan Pemda. |ZACK TONU BALA

One comment

  1. Mau bk usaha dng bantuan ukm/pemerintah…agar sub ternak ayam dan telur dapat mencukupi.saya siap dan bersedia untuk di lapangan

Tinggalkan Balasan