Para calon Brigadir dan Tamtama mendengarkan pengarahan dari panitia daerah Polres Manokwari, di ruang rapat terbuka polres Manokwari, Senin (4/5/2015). |CAHAYAPAPUA.com | Rizaldy

900 Orang Daftarkan Diri sebagai Calon Polri di Manokwari

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—-  Polres Manokwari menyatakan 911 pemuda dari sejumlah wilayah di Manokwari dan sekitarnya telah mendaftar sebagai calon anggota Polri untuk kategori brigadir dan tamtama, dalam pendaftaran calon Polri yang telah ditutup 2 Mei lalu. Pekan ini, Polres Manokwari akan mengumumkan mereka yang dinyatakan lolos ujian fisik dan administrasi.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Manokwari, Kompol Syamsuddin, Senin (4/5/2015), mengatakan, dari 911, 694 orang mendaftar sebagai calon Brigadir, sementara 217 orang tertarik untuk Tamtama.

Kompol Syamsudin menjelaskan, mereka yang lolos dalam ujian administrasi akan mengikuti ujian lanjutan di Polda Papua dengan calon lain yang berasal dari daerah lain. Total kuota yang diperebutkan berjumlah 579, terdiri dari 490 untuk kuota brigadir dan 89 kuota Tamtama.

“Penerimaan calon Brigadir dan Tamtama dibuka bagi putra-putri Indonesia dari lulusan SMA dan sederajat dengan batas usia dari 17 hingga 21 tahun. Sedangkan untuk lulusan SMA/SMK perhotelan, tata boga dan kecantikan serta paket C tidak diterima,” kata Syamsudin diruang kerjanya,  Senin, (4/5/2015).

Dia menjelaskan dalam tahap seleksi awal, dilakukan uji fisik meliputi pemerikasaan tinggi badan, berat badan, tes buta warna, sementara ujian administrasi masih berlangsung. Rencananya hasil seleksi tahap awal akan diumukan Selasa atau Rabu pekan ini.

Sementara itu, Polda Papua Barat menurut Syamsuddin, sedang berupaya melobi Polri agar proses seleksi anggota Polri untuk wilayah Papua Barat digelar oleh Polda Papua Barat. Berangkat dari informasi ini, ia mengaku mendapat informasi terbaru bahwa Polda Papua Barat berpotensi mendapat tambahan kuota calon anggota Polri.

Terkait kebijakan penerimaan calon Brigadir dan Tamtama khusus putra putri Papua, dirinya mengaku belum menerima instruksi pimpinan. “Untuk sementara penerimaan dilakukan secara umum,” katanya.

Meski begitu ia mengaku kebijakan khusus kepada putra-putri Papua ialah dengan menurunkan syarat tinggi badan. Untuk pria dari syarat umum tinggi minimal 165 cm menjadi 163 cm, sementara untuk putri Papua dari tinggi minimal 160 cm menjadi 158 cm. Kebijakan ini tidak berlaku untuk kategori umum.

“Animo putra/putri Papua untuk menjadi anggota Polri memang lebih tinggi, ini bisa ditunjukan dengan persentase jumlah pendaftar yang 60 persen merupakan putra/putri Papua,” tandasnya.

Polres Manokwari ditunjuk sebagai sub panitia daerah penerimaan anggota Polri untuk wilayah Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama. |RIZALDY