Alberth Nakoh

Ayo, Laporkan ASN yang Tidak Netral ke Desk Pilkada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang-Pol) Provinsi Papua Barat, Alberth Nakoh, meminta masyarakat agar terlibat memberikan informasi pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di 9 kabupaten se Provinsi Papua Barat, di sekretariat tim Desk Pilkada Provinsi Papua Barat.

Desk Pilkada Provinsi Papua Barat kata Nakoh, terdiri dari unsur pemerintah Provinsi Papua Barat, TNI, Polri dan elemen potensial masyarakat.

“Desk ini merupakan gabungan dari unsur pemerintah provinsi, TNI, Polri dan elemen potensial masyarakat lainnya,” kata Nakoh, di kantor gubernur Arfai.

Tim Desk Pilkada lanjut Nakoh bertugas memastikan penyelenggaraan pilkada berjalan lancar dan aman hingga dilantiknya bupati definitif, dan memastikan netralitas ASN dalam penyelenggaraan pilkada.

Tim Desk kata Nakoh, tidak hanya melakukan pemantauan dan melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan pilkada, memantau dan melaporkan netralitas ASN dalam pilkada serta memantau dan melaporkan pelanggaran aparatur sipil negara dalam pilkada, tetapi juga menerima aduan masyarakat terhadap pelanggaran netralitas ASN dalam penyelenggaraan pilkada.

“Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan kepada tim Desk dengan disertai bukti-bukti fisik yang yang dapat memperkuat laporan aduannya kepada tim Desk, kalau ada bukti foto, atau melihat ASN pakai kendaraan dinas atau fasilitas negara lainnya dalam kampanye atau mendukung salah satu pasangan calon secara terang-terangan, laporkan saja,” jelasnya.

Untuk pengaduan pelanggaran ASN dalam penyelenggaraan pilkada, masyarakat dapat membuat aduan yang bisa langsung di antar di sekretariat Tim Desk Pilkada yang terletak di lantai 3 kantor gubernur lama jalan siliwangi.

Ia menegaskan, apabila didapati ASN yang melakukan pelanggaran netralitas dalam penyelenggaraan pilkada, maka tim desk pilkada segera melakukan pemeriksaan khusus atas dugaan pelanggaran ASN dalam penyelengaraan pilkada.

Soal pengaduan, Nakoh mengaku hingga saat ini tim Desk Pilkada belum menerima laporan pengaduan masyarakat, namun tim Desk ini akan terus melakukan pemantauan penyelenggaraan Pilkada di 9 kabupaten se Provinsi Papua Barat, hingga pelantikan bupati definitif periode 2016-2020. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

 

%d bloggers like this: