Kantor Gubernur Papua Barat

Susun RTRW, Pusat dan Daerah Harus Bersinergi

MANOKWARi, CAHAYAPAPUA.com– Koordinator Daerah Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Papua Barat, Kolonel Marinir Cecep Ruhiyat berharap ada sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan di wilayah Pemerintahan Provinsi Papua Barat.

Hal ini dikatakan Cecep usai seminar peran serta pemerintah daerah dalam mendukung pertahanan negara di dearah Provinsi Papua Barat, Kamis (26/11/2015) di ruang rapat kantor Gubernur Arfai.

Workshop digelar agar tebangun kesepahaman kesamaan langkah dan tindakan, dalam menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) khususnya dibidang perthanan.

Pertahanan kata Cecep, biasa disebut sebagai pemerintahan absolut yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, namun pelaksanaan pertahanan di daerah harus terbangun secara integral dan tersistem dengan baik.

Menurutnya penyelenggaraan pemerintahan di era otonomi daerah maupun otonomi khusus harus mendukung kebijakan pemerintah dalam bidang pertahanan nasional.

“Dalam penyelenggaran pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan, dan pembinaan masyarakat, tidak boleh melanggar kebijakan pemerintah pusat, khususnya bidang pertahanan,” jelasnya.

Cecep berharap Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam perencanaan pembangunan khususnya penyusunan RTRW harus memperhatikan unsur pertahanan secara integral dan tersistem dengan baik.

Seminar yang diikuti puluhan mahasiswa itu, juga hadir perwakilan pemerintah provinsi dan Kabupaten Manokwari, Dandim 1703 Manokwari dan insan pers. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM