ilustrasi

KPU MANOKWARI MULAI DISTRIBUSI LOGISTIK PILKADA

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah ke sejumlah Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di Manokwari, Selasa (1/12/2015).

Sekretaris KPUD Manokwari, Rustam Efendi, mengatakan, logistik yang mulai disalurkan terdiri atas kota suara, bilik suara, daftar pemilih tetap, formulir C-6 atau undangan memilih dan buku panduan.

Formulir C-6 atau undangan memilih yang akan disalurkan ke telah berisi nama pemilih —mengacu pada DPT— yang tinggal diisi tanggal oleh petugas KPPS sebelum disalurkan ke pemilih.

“Untuk hari ini (kemarin) kami kirim logistik – logistik itu ke PPD Warmare, Prafi, Masni dan Sidey,” kata Rustam di kantor KPUD Manokwari Jalan Merdeka, Manokwari.

“Semua alat kelengkapatan untuk tingkat KPPS, di Sidey ada 16 TPS (Tempat Pemungutan Suara), Masni 48 TPS, Prafi 46 TPS, Warmare 37 TPS,” kata dia.

Distribusi yang sama akan dilakukan pada hari ini ke enam kelurahan di Distrik Manokwari Barat. KPU juga akan menyalurkan dana operasional TPS untuk seluruh KPPS.

“Untuk pembuatan TPS, diberi anggaran Rp 1 juta per TPS, uang makan Rp.75 ribu per orang, serta honorarium ketua dan anggota KPPS masing-masing Rp.500 dan 400 ribu,” kata dia lagi.


Suara suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari juga menyatakan seluruh surat suara Pilkada Manokwari telah selesai dilipat dan siap disalurkan pada tiga hari sebelum Pilkada pada 9 Desember 2015.

Rustam Effendi mengatakan seluruh surat suara telah dikemas sesuai PPD dan TPS yang siap digunakan begitu tiba di tangan petugas PPS.

“Tidak akan ada kekurangan surat suara pada Pilkada, sebab setiap TPS mendapat tambahan sebanyak 2,5 persen dari total surat suara di TPS tersebut,” kata Rustam.

Selain soal surat suara, Rustam mengatakan, KPU telah mengingatkan seluruh petugas Pilkada secara berjenjang untuk langsung mengirim formulir C-1 —blanko rekapitulasi suara ditingkat TPS—- ke KPU beberapa jam setelah pemungutan suara selesai.

“Dalam waktu satu hari itu, surat suara dari TPS, harus sampai di PPD. KPU pun bertekad, pada 9 desember mendatang, formulir C-1 sudah ada ditangan KPU,” kata dia. |RIZALDY