kobogaunewsfree.blogspot

Ketua KNPB Peringati 1 Desember dari Balik Jeruji Besi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Mnukwar, Alexander Nekenem dan tiga rekanya, memperingati 1 Desember, di ruang tahanan Kepolisian Resor Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Alexander dibalik jeruji besi, ruang tahanan Polres Manokwari, Selasa (1/12/2015) mengatakan, peringatan itu mereka lakukan secara sederhana dengan ibadah syukuran yang ia pimpin sendiri.

Seperti diketahui, Alexander dan tiga rekanya, merupakan terpidana dalam perkara penghasutan yang divonis 1,5 tahun kurungan penjara oleh majelis hakim pengadilan Negeri Manokwari.

1 Desember diyakini oleh sebagian orang Papua, sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua. Alexander, adalah satu dari sekian orang Papua yang meyakini hal itu, termasuk tiga orang rekannya.

Setiap 1 Desember, beberapa kelompok masyarakat di Manokwari, menggelar kegiatan merayakan hari ini.

Sebagaimana siang tadi, kelompok West Papua National Authority (WPNA), melaksanakan ibadah di kantor Dewan Adat Papua Manokwari, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Terpisah, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari, AKP Hengky Kristanto Abadi, SIK, mengatakan, Alexander dan tiga rekannya, merupakan tahanan titipan dari Pengadilan Negeri Manokwari

 

Kata Hengky, mereka dititipkan sementara di ruang tahanan Polres Manokwari, karena, ruang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Manokwari penuh.

“Mereka tidak lama disini, hanya beberapa hari, dalam waktu dekat mereka sudah dipindahkan ke Lapas,” pungkasnya.|CR-74