Logo BPJS Ketenaga kerjaan.

Sanksi Menanti, Ratusan Perusahaan Daftar BPJS Ketenagakerjaan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- –  Kesadaran perusahaan maupun badan usaha yang beroperasi di wilayah Kabupaten Manokwari untuk mendaftarkan pekerjanya menjadi anggota BPJS dari hari ke hari semakin membaik.

Saat ini sedikitnya 300 perusahaan sudah resmi mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.Menurut Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Manokwari Christian Sianturi, banyak perusahaan mulai mendaftarkan karyawannya menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan semenjak pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Manokwari terkait penerbitan SIUP dan TDP.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pihaknya telah mendorong Raperda tentang kewajiban perusahaan untuk mendaftarkan semua pekerjanya menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Raperda yang akan segera disahkan menjadi Perda itu antara lain mengatur tentang keharusan perusahaan menyertakan salinan bukti keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai syarat untuk mengurus SIUP maupun TDP.“Jadi sekarang sudah hampir 300 perusahaan yang bergabung tetapi itu memang belum semuanya,” kata Chris, demikian panggilan karibnya kepada pers di kantor BPJS Ketenagakerjaan baru-baru ini.

Meski demikian secara umum dia menilai, inisiatif perusahaan untuk menjamin perlindungan terhadap para pekerjanya antara lain dengan menjadikan karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan masih rendah. Padahal, itu sudah menjadi kewajiban semua perusahaan sesuai perintah UU.

“Untuk itu kami terus menggelar sosialisasi kepada pengusahaan agar semua perusahaan di Manokwari bisa mendaftarkan karyawannya sebagai peserta dalam BPJS Ketenagakerjaan. Karena ini hak pekerja, perusahaan
harus penuhi,”ucap dia.

Dia menjelaskan, terkait perlindungan terhadap hak para pekerja, BPJS Ketenagakerjaan menjalankan tiga program yang wajib diikuti setiap pekerja yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) serta Jaminan Hari Tua (JHT).

“Makanya kami telah mengajukan Raperda kepada Pemerintah Daerah Manokwari agar semua perusahaan yang beroperasi di Manokwari dan PNS bisa menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Karena kalau tidak ikut ada sanksinya,” pungkas Chris. |ZACK TONU BALA