Ilustrasi. Int

Panwaslu Manokwari Rekomendasikan Dua TPS Coblos Ulang

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-–Panitia Pengawas Pemilhan Umum (Panwaslu) Kabupaten Manokwari merekomendasikan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pencoblosan ulang. Dua TPS tersebut, yakni, TPS 01 Kampung Binarau dan TPS 19 Anggori, Distrik Manokwari Barat.

“Tindaklanjut dari pelanggaran itu kita membuat rekomendasi ke KPU sehingga kemungkinan besar dilakukan pemungutan ulang,” kata Anggota Panwaslu, Festus Rumadas, Minggu (13/12/2015).

Festus menyebutkan, Panwaslu bersama KPU dan dibantu aparat kepolisian telah melakukan peninjauan langsung ke dua lokasi yang berbeda itu, untuk memastikan dugaan pelanggaran yang terjadi saat pemungutan suara 9 Desember lalu.

“Telah berbukti, KPPS menerima pemilih yang tidak terdaftar di dalam DPT di TPS tersebut yang menggunakan KTP untuk memilih. Sesuai aturan, harus diutamakan pemilih yang terdaftar,” ujarnya.

Menurut Festus, pemilih yang menyalurkan haknya di dua TPS tersebut dengan menggunakan KTP mencapai hampir lebih dari separuh DPT yang ada di dua TPS tersebut. Sayang, jumlah pastinya tak disebutkan.

“Panwaslu telah melakukan klarifikasi terhadap petugas KPPS di dua TPS tersebut. Dengan kesimpulan telah terindikasi melanggar kode etik penyelenggara, kita telah merekomendasikan ke KPU,” ujar Festus lagi.

Soal pelaksanaan pemungutan suara ulang, tambah Festus, menjadi tanggungjawab KPU. “Soal jadwalnya, kami serahkan ke KPU karena menjadi tugasnya. Kami sudah serahkan rekomendasi pada Sabtu (12/12/2015),” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN